Sukses

BMKG Prediksi Ada 4 Daerah di Aceh yang Terdampak Debu Vulkanik Sinabung

Ia mengatakan, empat daerah yang terdampak erupsi Gunung Sinabung yaitu Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Aceh Selatan, dan Aceh Barat Daya.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Sultan Iskandar Muda di Aceh Besar memprediksi debu vulkanik Gunung Sinabung kemungkinan besar akan masuk ke wilayah Aceh.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Metrologi Aceh, Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Senin mengatakan debu vulkanik erupsi gunung Sinabung Sumatera Utara juga terlihat atau terdeteksi bergerak ke arah barat dan barat laut.

"Jika dilihat dari pergerakan atau dengan memperhatikan pergerakan debu vulkanik ini maka ada empat daerah yang akan terkena dampak debu vulkanik dari gunung Sinabung tersebut," kata Zakaria yang dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, empat daerah yang terdampak yaitu Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Aceh Selatan, dan Aceh Barat Daya.

"Kepada masyarakat yang kemungkinan terpapar cemaran debu vulkanik Gunung Sinabung tersebut, kami imbau agar jangan banyak keluar rumah dan ketika ada aktivitas di luar ruangan untuk selalu mengenakan masker,"katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinabung Kembali Erupsi

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara, Riadil Akhri Lubis mengatakan Gunung Sinabung di kabupaten Karo kembali erupsi dan menyemburkan abu vulkanik mencapai 5.000 meter di atas puncak.

"Kurang lebih 7.460 meter di atas permukaan laut,"kata Riadil.

Ia mengatakan, saat ini Gunung Sinabung berada pada status level III (siaga) dengan rekomendasi kepada masyarakat dan pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 Kilometernya dari puncak Gunung Sinabung serta radius sektoral 5 Kilometer untuk sektor selatan-timur dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.