Sukses

BPTJ Tegaskan Terminal Baranangsiang Bogor Akan Terus Beroperasi

Kepala BPTJ, Polana B. Pramesti menyampaikan, untuk menjamin layanan operasional terminal Baranangsiang tetap berjalan maksimal, BPTJ akan menyiapkan petugas pengganti sementara.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memutuskan untuk tetap mengoperasikan Terminal Tipe A Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat dengan memperketat protokol kesehatan.

Langkah ini diambil setelah dilaporkannya orang terkonfirmasi positif Covid-19, termasuk unsur perangkat Terminal Baranangsiang berdasar pada hasil tes massal yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor pada Jumat 10 Juli 2020. Keputusan ini pun, dinilai sejalan dengan yang disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor.

Kepala BPTJ, Polana B. Pramesti menyampaikan, untuk menjamin layanan operasional terminal tetap berjalan maksimal, BPTJ akan menyiapkan petugas pengganti sementara. “BPTJ akan menunjuk pelaksana harian Koordinator Satuan Pelayanan Terminal dan menyiapkan petugas pengganti yang berasal dari terminal lain yang berada di bawah pengelolaan BPTJ," tutur Polana.

Lebih lanjut Polana menambahkan, untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Terminal Baranangsiang, BPTJ akan melakukan pemeriksaan dan karantina kepada seluruh petugas di terminal tersebut. Langkah antisipasi juga akan diambil dengan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh pegawai, baik yang ada di seluruh terminal maupun kantor pusat BPTJ.

“Hal ini dilakukan mengingat sempat terjadi interaksi antara pegawai yang ada di terminal dengan pegawai yang ada di kantor pusat,” ungkap Polana.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disemprot secara Berkala

Kondisi ini, menurutnya, menunjukkan bahwa potensi penyebaran covid-19 dapat terjadi dimana saja dan kepada siapa saja, termasuk pada layanan transportasi publik. Disisi lain, Polana menyampaikan bahwa, selama ini Terminal Baranangsiang telah konsisten menerapkan protokol kesehatan.

“Pengecekan suhu, kewajiban memakai masker, penyediaan fasitlitas cuci tangan hingga ketentuan jaga jarak terus dilakukan di lingkungan Terminal Baranangsiang,” kata Polana.

Bahkan, Polana menambahkan, penyemprotan disinfektan di Terminal Baranangsiang juga dilakukan secara berkala. Lalu, dengan adanya temuan ini, BPTJ bersama seluruh stakeholder di Terminal Baranangsiang mengaku, akan berupaya untuk lebih memperketat pelaksanaan protokol kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.