Sukses

Jubir: Penularan Covid-19 Masih Melalui Droplet

Yurianto menyebut bahwa micro droplet ini yang berukuran lebih kecil dari droplet biasanya serta dapat melayang-layang di udara dalam tempo waktu yang cukup lama.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, penularan virus Corona atau Covid-19 masih diyakini melalui droplet.

"Dari beberapa pemberitaan yang disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia WHO, diyakini bahwa penularan virus ini tetap terjadi melalui droplet. Hanya yang menjadi masalah adalah micro droplet," jelas Yurianto dalam keterangannya di Graha BNPB, Jakarta pada Minggu (12/7/2020).

Yurianto menyebut bahwa micro droplet ini yang berukuran lebih kecil dari droplet biasanya serta dapat melayang-layang di udara dalam tempo waktu yang cukup lama.

"Apalagi dalam ruangan yang ventilasi dan sirkulasi udaranya yang tidak maksimal," ucap dia.

Jubir menganalogikan droplet ini layaknya asap rokok. Dalam suatu ruangan tertutup yang sirkulasi udaranya tidak bagus maka asap rokok akan tertahan lama di dalam ruangan tersebut.

Hal yang sama juga terjadi untuk micro droplet. Oleh karenanya, lanjut dia bagi siapapun yang memasuki ruangan tersebut dengan hanya mengenakan face shield atau pelindung wajah tanpa masker, maka dia akan tetap mencium menghirup micro droplet yang penuh dengan Covid-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masker Sangat Penting

"Kurang lebih demikianlah droplet dari Covid-19 ini. Oleh karena itu penggunaan masker mutlak harus dilakukan. Harus dikerjakan, bukan face shield karena kita tahu pada micro droplet dia akan mengambang di udara," tegas Yurianto.

Jubir mengimbau semua pihak agar tetap mengenakan masker kendati sedang mengenakan pelindung wajah. Hal ini guna mencegah micro droplet yang ada dalam ruangan tertutup tersebut.

"Lebih baik kalau memang bisa ditambah dengan face shield tetapi menggunakan face shield saja tanpa masker tidak akan memberikan perilndungan yang maksimal," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona