Sukses

Capraja TNI-Polri Akan Ditempatkan di 5 Polda, Kapolri: Biar Tidak Jadi Anak Mama

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memberi instruksi para Calon Perwira Remaja atau Capraja TNI-Polri 2020. Idham mengatakan, mereka akan ditempatkan di lima Polda yang dikenal rawan konflik.

"Saya lagi merencanakan Akpol mau saya simpan di 5 polda, yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Poso, sama Maluku Utara, biar meriang-meriang semua orangtuanya itu," kata Idham saat memberi wejangan melalui video di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (8/7/2020).

Menurut Idham, rencana itu dilakukan guna menguji mental para Capraja TNI-Polri. Agar, para taruna dan taruni ini dapat menjadi perwira yang berdedikasi, kuat, dan tidak cengeng.

"Kuatkan mentalmu karena kau sudah memilih jalan untuk mengabdi. Jangan kau jadi anak mama, belum apa-apa kau sudah merengek sama orangtua," tegas Kapolri Idham Azis. 

Kapolri juga berharap, seluruh Capraja TNI-Polri dapat lulus dan dilantik menjadi perwira.

Tak lupa, dia juga mengucapkan terimakasih karena telah mendidik para Capraja dengan baik kepada Danjen Akademi TNI, bapak Kalemdiklat Polri, rekan rekan gubernur angkatan dan akademi kepolisian beserta seluruh jajarannya.

"Terimakasih telah mendidik dan mempersiapkam seluruh tahapan pendidikan dan mengantarkan calon perwira remaja sampai dilantik menjadi perwira nanti," Idham menandasi.

 

2 dari 3 halaman

Pesan Kapolri untuk Lulusan Taruna Akpol

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis mengingatkan para taruna Akpol untuk selalu menghormati para senior dan anggotanya meski telah lulus dengan pangkat perwira.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri wisuda taruna dan taruni Akademi Kepolisian pada 3 Juli 2020.

"Ada tiga ilmunya itu. Jangan pernah kau lupa kata tolong, maaf, terima kasih. Kalau kau sudah pegang semua itu. Insya Allah kau akan dihargai anak buah, atasan," tutur Idham dalam keterangannya, Selasa, 7 Juli 2020.

Idham meminta tiga ilmu itu selalu digunakan agar perwira muda lulusan taruna Akpol tidak salah dalam bersikap saat bertugas nanti. Dia juga menekankan bahaya sombong.

Para lulusan Akpol diharapkan tidak sombong dengan pangkat yang mereka dapatkan usai lulus. Sebab, pangkat dapat membuat seseorang tinggi hati dan menjadi enggan meminta maaf jika berbuat salah.

"Jangan kau sombong. Mentang-mentang perwira remaja, enggak boleh itu. Tidak hina kau kalau kau minta maaf," tegas Idham.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: