Sukses

Polisi Beberkan 3 Aktor Intelektual di Kasus John Kei

John Kei disebut memberikan uang Rp 10 juta untuk mengumpulkan massa dan membeli senjata tajam.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya membeberkan tiga aktor intelektual yang berperan besar dalam rangkaian kasus kriminal yang dilakukan John Kei dan anak buahnya di Tangerang dan Jakarta Barat.

Wakil Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan, ketiga aktor intelektual tersebut berperan sangat aktif, mulai dari tahap perencanaan hingga penyerangan.

"Jadi tiga pelaku yang sangat berperan aktif dalam hal merencanakan dan eksekusinya ialah tiga, pertama JK (John Kei), kedua DF (Deniel Farfar) dan ketiga FR (Franklin Resmol)," kata Calvijn dikutip dari Antara, Selasa (7/7/2020).

Menurut Calvijn, peran ketiga aktor intelektual dalam rangkaian kasus penyerangan dan penganiayaan ini terkuak dalam rekonstruksi yang digelar di kediaman sekaligus markas John Kei di Bekasi.

"Fakta menarik di rumah JK ini, ternyata ada beberapa adegan yang betul-betul dipimpin langsung oleh tiga pelaku intelektual ini," tuturnya.

Adapun beberapa peran tiga orang ini, yakni John Kei mengadakan pertemuan dengan Deniel Farfar pada 14 Juni 2020 di Kelapa Gading, Jakarta Utar, untuk menyusun rencana menculik Nus Kei.

Kemudian John Kei juga diketahui menyerahkan uang Rp10 juta kepada Daniel untuk membeli senjata tajam dan mengumpulkan massa.

Deniel Farfar diketahui memerintahkan anak buah John Kei lainnya bernama Franklin Resmol untuk mengumpulkan massa hingga terkumpul 34 orang. Franklin juga berperan membeli pipa besi yang diubah menjadi tombak.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

39 Tersangka

Dalam rangkaian kasus tersebut, Polda Metro Jaya telah menetapkan 39 orang sebagai tersangka dan 8 orang lainnya masih dalam pengejaran petugas.

Barang bukti yang turut disita petugas dalam kasus ini antara lain 28 buah tombak, 24 buah senjata tajam, 2 buah ketapel panah, 3 buah anak panah, 2 buah stik bisbol dan 17 buah ponsel.

Akibat perbuatannya, John Kei dan anak buahnya dijerat pasal berlapis. Di antaranya Pasal 88 KUHP tentang permufakatan jahat dan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan, Pasal 170 KUHP tentang perusakan dan Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman penjara 20 tahun dan atau pidana mati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.