Sukses

Pandemi Covid-19, Peserta UTBK dari Luar Bogor Tak Diizinkan Ujian di IPB

Peserta yang berada di luar Bogor telah diberitahu sebelumnya melalui email, website UTBK-IPB dan helpdesk yang disediakan.

Liputan6.com, Bogor - IPB University tahun ini kembali ditunjuk menjadi salah satu tempat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Namun, berbeda dengan sebelumnya, pelaksanaan UTBK tahun ini diberlakukan protokol kesehatan secara ketat mengingat pelaksanaan tes masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Peserta yang diizinkan mengikuti ujian hanya yang berdomisili di Kabupaten maupun Kota Bogor. Hal ini berdasarkan Surat Wali Kota Bogor tertanggal 24 Juni 2020 berkaitan dengan masih berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan dikuatkan oleh surat dari Sekda Provinsi Jawa Barat selaku Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 di Jawa Barat tanggal 1 Juli 2020.

Sementara peserta yang berada di luar Bogor telah diberitahu sebelumnya melalui email, website UTBK-IPB dan helpdesk yang disediakan.

Kemudian, mereka diminta mengisi formulir secara online untuk pendataan kembali informasi domisili. Data tersebut akan disampaikan kepada LTMPT untuk kemudian peserta direlokasi ke tempat tes yang lebih dekat dengan domisili masing-masing pada 20 hingga 24 Juli 2020.

Secara keseluruhan, jumlah peserta yang akan melaksanakan UTBK di Pusat UTBK IPB sebanyak 14.893 orang. Pelaksanaan Tes UTBK di IPB tahap pertama dilaksanakan 5 Juli sampai 14 Juli 2020.

Pelaksanaan tes dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi pukul 8.15-11.15 WIB dan sesi siang pukul 13.15-16.15 WIB. Pada hari pertama, sebanyak 2.854 peserta di Pusat UTBK-IPB telah mengikuti ujian.

Pelaksanaan UTBK di bawah koordinasi IPB tersebar di 19 titik yaitu Kampus IPB Dramaga, Kampus IPB Cilibende, Kampus IPB Gunung Gede dan Sekolah Mitra IPB.

Adapun siswa yang mengikuti tes meliputi SMAN 1 Bogor, SMAN 5 Bogor, SMK Informatika Pesat, SMAS YPHB, SMKS Bina Mandiri Bogor, SMAN 10 Bogor, MAN 2 Kota Bogor, SMKN 2 Bogor, SMAN 3 Bogor, SMAN 1 Bogor, SMAN 2 Bogor, SMKN 3 Bogor, SMKN 1 Cibinong, SMKS PGRI 3 Bogor, SMAN 1 Rancabungur, dan SMKN 1 Ciomas.

Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria berharap UTBK berjalan dengan lancar hingga di hari terakhir pelaksanaan.

"Meskipun masih di suasana pandemi Covid-19, kita berharap pelaksanaan UTBK berjalan dengan lancar, tertib dan aman," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langsung Pulang Usai Ujian

Penerapan protokol kesehatan saat pelaksanaan UTBK di IPB dilakukan sejak peserta tes memasuki lokasi ujian baik di lingkungan kampus maupun di lokasi mitra yaitu beberapa sekolah di Kota/Kabupaten Bogor.

Peserta tes diwajibkan memakai masker sejak dari rumah, sebelum memasuki lokasi ujian serta tetap melakukan physical distancing. Mereka juga dianjurkan memakai sarung tangan serta face shield selama tes berlangsung. Sarung tangan plastik disediakan oleh Pusat UTBK-IPB. Protokol kesehatan ini telah diinformasikan kepada peserta pada hari-hari sebelum pelaksanaan ujian.

"Peserta juga diwajibkan langsung pulang ke tempat tinggal masing-masing seusai mengerjakan tes," ujar Arif.

Tak hanya itu, sejumlah tenaga medis dan paramedis yang dikoordinasikan oleh IPB bekerjasama dengan rumah sakit dan sekolah ditugaskan di masing-masing lokasi ujian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.