Sukses

Sandiaga Minta Pengusaha Muda Berani Ambil Risiko di Masa Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus corona atau Covid-19 memicu munculnya bisnis baru dengan produk berkualitas. Tentunya, hal ini membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga uno menyatakan, product branding merupakan sesuatu yang sangat penting untuk membuat produk yang diciptakan berbeda dan selalu menempel di benak pelanggan.

"Produk branding bukan hanya logo atau merek, tapi lebih dari itu. Jadi penting banget produk banding itu sebagai pembeda dan sebagai sesuatu yang nempel di benak pelanggan kita untuk melakukan diferensiasi antara suatu produk dengan produk lain," kata Sandi di acara Talkshow bertajuk "Pulihkan Ibu Pertiwi: Product Branding in The Middle of Pandemic", Sabtu (20/6/2020).

Sandiaga menyebutkan, product branding adalah membangun suatu pesan atau image yang menjadi roh suatu produk. Misalnya, seorang pengusaha mengedepankan integritas dan amanah kepada pelanggannya.

"Bahwa kalau kita memberikan suatu produk atau jasa itu selalu yang terbaik dan kalau kita memakai produk itu dijamin kualitasnya," ujarnya.

Dicontohkan Sandi, orang-orang lebih berminat menggunkan produk Apple karena alasannya kalau menggunakan produk ini akan mengasosiasikan seorang dengan inovasi.

"Kalau kita branding dengan konsisten produk kita menjadi hal yang menarik bagi calon pelanggan kita, bagi pasar," jelasnya.

Sandiaga berpesan kepada seluruh pengusaha muda Indonesia di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini untuk terus berani melangkah dan mengambil risiko. Selain itu pengusaha muda juga harus terus berinovasi serta mampu beradaptasi dengan kondisi yang sedang terjadi saat ini.

"Sebagai pebisnis, kita harus selalu proaktif. Jangan aktif menunggu kesempatan datang, tapi harus proaktif menjemput bola terhadap peluang-peluang yang ada di depan," ujar Sandiaga.

 

2 dari 2 halaman

Jangka Panjang

Co-Founder & CMO KadoKita Armijn menjelaskan bahwa product branding bersifat long term dan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand.

“Branding terhadap sebuah produk bersifat long term dan bertujuan untuk memberikan kredibilitas brand kita dan juga meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand kita. Dan untuk memulai branding terhadap produk kita, kita harus tahu dulu posisi brand kita di mana,” Jelas Armijn Navaro.