Sukses

Mendagri: Kepemimpinan Kepala Daerah Diuji di Situasi Krisis Seperti Ini

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian imbau pada pemerintah daerah (Pemda) agar mempercepat data penerima bantuan sosial (bansos) akibat pandemi Covid-19. Dia menejelaskan hal tersebut bertujuan untuk pendistribusian dana bantuan lebih mudah disalurkan.

"Kami minta rekan-rekan kepala daerah untuk laksanakan validasi data.Ini persoalan karena data yang ada di tingkat pusat ini berlaku secara bottom up. Jadi data yang berasal dari bawah, dari desa ke kelurahan, naik ke kecamatan, naik ke tingat 2 kab kota provinsi baru naik ke tingkat pusat dalam proses ini tentu butuh koordinasi cepat," kata Tito dalam siaran telekonference bersama awak media, Rabu (17/6/2020).

Sebab itu dia menegaskan agar pemda melakukan sungguh-sungguh. Sehingga bisa tepat sasaran. Dia juga menejelaskan masyarakat saat ini sangat butuh bantuan.

"Ini problem karena menyangkut 548 pemda kota dan kab prov. kec jumlahnya lebih dari 6000 dan menyangkut desa yang jumlahnya lebih dari 70 ribu. sekali lagi tidak gampang. tapi ini semua bekerja keras," ungkap Tito.

Dia juga imbau pada pada kepala daerah agar bisa mengsinkronkan data. Sebab dia menjelaskan kepala daerah memiliki kewenangan diskresi untuk sinkronkan data-data.

"Sehingga kita lihat di sini memang ujian kepemimpinan dari teman-teman kepala daerah di situasi krisis seperti ini," kata Tito.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: