Sukses

Gubernur Ganjar Minta Kepala Daerah Tak Buru-Buru Deklarasikan Normal Baru

Ganjar mengaku senang jika di suatu daerah tidak ada kasus positif Covid-19 dan tidak mempermasalahkan adanya perayaan terkait prestasi itu.

Liputan6.com, Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh kepala daerah di provinsi itu tidak buru-buru mendeklarasikan dimulainya penerapan protokol kehidupan normal baru saat pandemi Covid-19.

"Tidak adanya kasus Covid-19 belum menjadi patokan agar penerapan normal baru segera dilakukan, ini mesti saya sampaikan. Kalau mau normal baru itu bukan hari ini nol terus normal baru. Minimal 14 hari konsisten apa tidak, kita tunggu selama masa itu. Kalau konsisten boleh, lebih ideal lagi kita tunggu sebulan," katanya di Semarang, Jumat (12/6/2020).

Ganjar mengaku senang jika di suatu daerah tidak ada kasus positif Covid-19 dan tidak mempermasalahkan adanya perayaan terkait prestasi itu.

"Tapi 'ojo kesusu' (jangan buru-buru), saya khawatir normal baru itu diterjemahkan seperti kejadian tidak ada Covid-19. Saya saja tadi 'ngecek', Pasar Mangkang Semarang contohnya, di sana ya suasananya sama saja seperti tidak terjadi apa-apa, ini kan bahaya," ujarnya.

Ganjar membenarkan bahwa ada daerah-daerah yang mengalami penurunan jumlah kasus Covid-19, seperti Kabupaten Kebumen, Kota Tegal, dan Kabupaten Rembang.

"Tapi kalau bisa tidak hanya melandai, melainkan sampai melantai dan ini harus konsisten selama 14 hari tidak ada penambahan. Kalau itu terjadi, 'monggo' saja," katanya seperti dikutip Antara.

Hal tersebut disampaikan Ganjar menanggapi deklarasi penerapan normal baru oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen karena tidak adanya kasus positif Covid-19 di daerah tersebut pada Kamis (11/6/2020) kemarin.

Pada deklarasi tersebut, juga diwarnai aksi sujud syukur dan potong rambut gundul Bupati Kebumen Yazid Mahfudz serta sejumlah pejabat lainnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang Kasus Baru

Lebih lanjut, Ganjar mengaku sudah berkomunikasi dengan Bupati Kebumen dan mengucapkan selamat akan ikhtiar penanganan Covid-19 yang sangat keras. Ganjar meminta hati-hati karena masih ada peluang untuk terjadinya kasus positif Covid-19.

"Kecuali sekarang nol, kemudian daerah itu dikunci, maka akan aman. Kebumen itu kan daerah yang dilalui banyak transportasi, ada banyak orang datang dan keluar. Jadi saya minta hati-hati," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • New Normal