Sukses

Achmad Yurianto: Penambahan Kasus Positif Covid-19 karena Tracing yang Agresif

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini peningkatan kasus baru Covid-19 cukup signifikan. Tercatat pada Rabu, 10 Juni 2020, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan ada 1.241 penambahan kasus baru.

"Ini menambah tambahan kasus positif yang kita konfirmasi menjadi 1.241 orang," kata Yuri dalam keterangan pers, Rabu (10/6/2020).

Yuri menyebut penambahan kasus Covid-19 baru yang signifikan tersebut disebabkan oleh tracing atau penelusuran kasus baru yang agresif.

"Penambahan kasus positif ini disebabkan karena tracing yang agresif dilakukan, sehingga bisa kita lihat sebagian besar penambahan kasus ini adalah spesimen yang dikirim oleh puskesmas atau dinas kesehatan," kata Yuri.

2 dari 3 halaman

Tracing yang Agresif

Hal itu juga ditunjukkan dengan tidak dominannya spesimen yang dikirimkan oleh rumah sakit. Hal ini, kata Yuri juga sebagai bukti bahwa tracing yang agresif akan banyak menangkap kasus positif Covid-19.

"Dan barang tentu kita menginginkan kasus ini melakukan isolasi secara mandiri agar tidak menjadi sumber penularan bagi yang lain," kata Yuri.

Yuri juga menyebut bawa penambahan lebih dari seribu kasus baru itu membuat jumlah total orang yang terinfeksi virus Corona menjadi 34.316 orang.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: