Sukses

Kemendagri Sebut Daerah yang Kasus Positif Covid-19 Naik dan Turun

Pemerintah tengah mematangkan penerapan pola hidup normal atau new normal selama pandemi Corona atau Covid-19 di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah mematangkan penerapan pola hidup normal atau new normal selama pandemi Corona atau Covid-19 di Tanah Air. Salah satu indikator bagi daerah yang bisa menerapkan new normal, adalah jumlah kasus positif Covid-19.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sampai hari ini mencatat daerah-daerah yang masih mengalami kenaikan dan penurunan kasus positif Covid-19 berdasarkan indikator epidemiologi, R0 atau R-naught.

Plt Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri RI, Safrizal mengatakan, ada sejumlah daerah R0 di atas 1. Yang artinya menggambarkan wabah masih bertambah.

"Di mana beberapa provinsi yang di antaranya adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat," kata Safrizal dalam konferensi pers BNPB, Jumat (5/6/2020).

Sedangkan daerah yang kasus positif Covid-19 menurun antara lain Aceh, Riau, dan Sumatera Selatan.

"Jambi, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan, serta Sulawesi Tenggara," kata Safrizal.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Update Corona Jumat 5 Juni

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, pada hari ini, Jumat (5/6/2020), ada penambahan 703 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif Corona Covid-19.

"Kasus baru yang konfirmasi Covid-19 positif sebanyak 703 orang, sehingga totalnya menjadi 29.521," ujar Yurianto melalui konferensi pers daring di Graha BNPB Jakarta, Jumat.

Sedangkan jumlah pasien meninggal dunia karena Covid-19 pada hari ini bertambah 49 orang. Sehingga, totalnya mencapai 1.770 orang.

Kemudian, pasien sembuh dari Corona Covid-19 pada hari ini bertambah 551 orang. Dengan begitu totalnya 9.443 orang.

Data update pasien Corona Covid-19 ini tercatat sejak Kamis, 4 Juni 2020 pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.