Sukses

Kota Tangerang Miliki Dua Alat Uji Laboratorium Covid-19

Pemkot Tangerang juga sudah menganggarkan sebanyak 1.000 reagen yang nantinya digunakan pada alat tes PCR dan TCM.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai langkah antisipasi dan untuk mendapatkan data yang akurat tentang masyarakat yang terkena Covid-19, Pemkot Tangerang siapkan dua alat tes di Labkesda Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan, kedua alat yang dimiliki diantaranya Tes Cepat Molekuler (TCM) dan Polymerase Chain Reaction (PCR). "Untuk TCM hasilnya bisa lebih cepat dibanding PCR," kata Arief.

Kendati demikian, lanjutnya, masih ada kendala dalam pemanfaatan PCR, dimana terbatasnya jumlah reagen yang menjadi unsur yang diperlukan agar alat tes PCR dapat digunakan.

"Untuk sekarang kita cuma memiliki 311 reagen, yang diprioritaskan untuk pasien yang saat ini berstatus positif. Sementara, statusnya saat ini sebanyak 133 pasien masih positif dan harus dilakukan dua kali tes pcr untuk mendapat hasil akurat," tutur Arief.

Pemkot Tangerang juga sudah menganggarkan sebanyak 1.000 reagen yang nantinya digunakan pada alat tes PCR dan TCM.

"Tapi karena jumlahnya terbatas mungkin akan diprioritaskan untuk warga Kota Tangerang. Jika memungkinkan akan ditambah lagi reagennya agar bisa digunakan untuk masyarakat yg lebih luas," kata Arief.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingatkan Protokoler Kesehatan

Arief juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid - 19 untuk tetap memutus rantai penyebaran virus. Sebab, hanya dengan mematuhi protokol kesehatan adalah satu-satunya cara untuk mencegah penyebaran Covid -19. 

"Selalu menggunakan masker, jaga jarak serta sering cuci tangan, intinya harus disiplin dengan protokol kesehatan," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.