Sukses

Hari Pancasila, Menpora: Pemuda Maritim Harus Beri Edukasi kepada Masyarakat

Peringati Hari Lahir Pancasila, Menpora Zainudin Amali menyampaikan Kuliah Umum Kepemudaan yang diselenggarakan Maritim Muda Nusantara (MMN).

Liputan6.com, Jakarta Peringati Hari Lahir Pancasila, Menpora Zainudin Amali menyampaikan Kuliah Umum Kepemudaan yang diselenggarakan Maritim Muda Nusantara (MMN) bekerja sama dengan Keasistendeputian Peningkatan Kapasitas Pemuda Kemenpora melalui Video Conference Zoom, Senin (1/6) siang. 

Kegiatan positif era digital ditengah gencarnya persiapan menuju Era New Normal ini, dimoderatori oleh Founder dan Ketum MMN Kaisar Akhir dengan tema, "Pancasila dan Konstitusi Pemuda Maritim di Era Digital". Dalam paparannya, Menpora menegaskan bahwa apapun yang dilakukan oleh seluruh anak bangsa apalagi kaum muda, tidak boleh lepas dari Pancasila.

"Salam Pancasila, Selamat Hari Pancasila, apapun yang kita lakukan tidak boleh keluar dari kesepakatan final bersama ideologi bangsa dan negara yakni Pancasila," ucap Menpora, mengawali sapaannya kepada seluruh peserta yang berjumlah 447 partisipan. 

Lebih lanjut Menpora menyampaikan apresiasi atas ide gagasan MMN, sembari menyampaikan pesan-pesan berharga bahwa era digitalisasi atau era millenial harus cepat diadaptasi, jika tidak mau tertinggal dan terpinggirkan. 

Ada empat kontribusi yang dapat dilakukan MMN seiring menajamkan kemampuan digitalisasi, yaitu pengawasan terhadap implementasi peraturan perundangan bidang kemaritiman, melakukan pendidikan, pelatihan, dan literasi maritim terhadap masyarakat, usaha pelestarian budaya maritim menyangkut kearifan lokal, dan penguasaaan sumber daya maritim serta pemberdayaan sumber daya manusianya.  

"Dengan tetap berlandaskan Pancasila, MMN dapat melakukan pengawasan seperti melaporkan kepada yang berwenang bila ada pelanggaran kemaritiman, dan penting lagi memberikan edukasi kepada masyarakat, contohnya jangan buang sampah di laut karena akan mencemari lingkungan, kreativitas digital dapat dipakai untuk itu," kata Menpora.

"Harapan besar, MMN tidak berhenti pada acara-acara webinar seperti ini, harus ada follow up-nya, apa yang bisa disenergikan dengan program prioritas kepemudaan Kemenpora segera laksanakan," tambahnya. 

Mengakhiri Webinar kali ini, Deputi Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah menyampaikan kata akhir yang patut direnungkan bersama bahwa masalah maritim bagi pemuda masih menjadi problem yang perlu perhatian serius.

Menurut data masih dibawah 1% dari 67 juta pemuda Indonesia yang menggeluti kemaritiman. "Tiga perempat wilayah kita adalah maritim, semestinya sektor pekerjaan yang digeluti harus banyak disitu. Keadilan sosial tidak akan ada tanpa kita usahakan," tutupnya. 

Turut serta dalam Kuliah Umum Kepemudaan Webinar Zoom kali ini, Stafsus Kepemudaan Venno Tetelepta, TAM Syamsul Qamar, dan Asdep Peningkatan Kapasitas Pemuda I Gusti Putu Rake.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.