Sukses

Dirapid Test di Bandara Soetta, 16 ABK Asal Madrid Reaktif Positif Corona

Ratusan ABK yang tiba dengan pesawat Charter Wamos Air itu, sempat menolak untuk turun dari pesawat, lantaran tujuan mereka adalah Denpasar.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 16 dari 467 Anak Buah Kapal (ABK) dari Madrid, menunjukan reaktif positif corona yang dilakukan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ratusan ABK yang tiba dengan pesawat Charter Wamos Air itu, sempat menolak untuk turun dari pesawat, lantaran tujuan mereka adalah Denpasar.

Namun, petugas gabungan Gugus Tugas COVID-19 mengambil langkah dengan meminta mereka untuk menjalankan rapid test. Eksekutif General Manager Bandara Soetta Agus Hariyadi, mengatakan, seharusnya 467 orang ABK ini turun di Bandara Soetta dan Denpasar.

"Tetapi kami berkoordinasi dengan Kemenlu dan turun di bandara ini," ujarnya, Jumat (29/5/2020).

Setibanya di bandara mereka langsung menjalani tes cepat, hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran wabah COVID-19. "Dari hasil pemeriksaan cepat ini kami mendapati 16 orang reaktif positif (corona)," kata Agus.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Diswab

Mereka yang reaktif ini akan menjalankan pemeriksaan lebih lanjut. Kemudian akan dilakukan swab atau PCR test.

"Kemudian mereka akan di-swab test dan menjalani karantina prinsipal atau agency akan bertanggung jawab memulangkan mereka ke Denpasar, dengan waktu yang belum ditentukan," jelasnya.

Komang, salah satu ABK mengatakan, dirinya hendak berangkat menuju Denpasar. "Tapi setelah menjalankan pemeriksaan ini, kami akan menuju hotel untuk menjalankan test swab atau PCR. Ini ditanggung oleh perusahaan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.