Sukses

Anies Ajak Warga Jakarta Manfaatkan Teknologi untuk Silaturahmi Idul Fitri

Anies berharap, masyarakat bisa menang melawan pandemi corona dengan tetap disiplin dan mematuhi aturan.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warganya untuk memanfaatkan teknologi dalam bersilaturahmi di Idul Fitri 2020. Hal itu untuk meminimalisasi kontak fisik di tengah situasi pandemi virus corona Covid-19.

“Oleh karena itu kita menyapa, memohon maaf, bersilaturahmi memanfaatkan teknologi. Tetap bisa menjaga ikatan silaturahmi tapi bukan secara fisik, tapi memanfaatkan teknologi menjangkau saudara, menjangkau keluarga, menjangkau kolega,” ucap Anies dalam siaran video daring, Minggu (24/5/2020).

Menurut Anies hal ini perlu dilakukan guna melindungi keluarga tercinta, utamanya mereka yang rentan terpapar virus corona seperti para lansia atau yang memiliki riwayat penyakit berat.

“Kita semua sadar 1 Syawal kali ini berbeda suasananya dari 1 Syawal yang pernah kita lalui. Idul Fitri mendatangi keluarga, mendatangi orangtua, mendatangi kolega, tapi Idul Fitri tahun ini kita harus melindungi orangtua karena orangtua paling berisiko bila terpapar Covid-19,” ucap Anies.

Anies berharap, masyarakat bisa menang melawan pandemi corona dengan tetap disiplin dan mematuhi aturan. 

“Insyaallah dengan kedisiplinannya bila benar-benar kita semua menang menghadapi Covid-19 ini,” ungkap Anies.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap di Rumah

 

Sementara itu Wakil Gubernur Jakarta, Ahmad Riza Patria mengharapkan warga Jakarta mampu disiplin di situasi seperti ini hingga corona berhasil dikendalikan.

“Tak terkecuali pada lebaran kali ini di antaranya menyambut datangnya 1 Syawal penuh kesederhanaan dengan meniadakan takbir keliling dengan menggantinya menyerukan takbir di rumah masing-masing,” pinta Riza.

Begitu pula, salat Idul Fitri yang biasanya digelar di masjid ataupun lapangan terbuka kini diminta untuk dihelat di rumah masing-masing.

“Kami mengimbau agar warga tetap di rumah, menghindari kerumunan, menggunakan masker, serta rajin mencuci tangan dengan sabun,” pintanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.