Sukses

Satpol PP Awasi 7 Pasar di Jatinegara yang Potensi Ramai Jelang Lebaran

Kasatpel Satpol PP Jatinegara Sadikin menyatakan, pasar ramai akan menjadi sasaran pihaknya untuk dilakukan penertiban.

Liputan6.com, Jakarta - Sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri, sejumlah pasar di Jakarta ramai dipadati pengunjung. Di Jatinegara, setidaknya ada tujuh pasar yang ramai pengunjung. Yakni  Pasar Ikan, Pasar Bali Mester, Terminal Kampung Melayu, Pasar Gembrong, Pasar Malam BKT, Pasar Jatinegara, Pasar Malam Pik Penggilingan.

Kasatpel Satpol PP Jatinegara Sadikin menyatakan, pasar ramai akan menjadi sasaran pihaknya untuk dilakukan penertiban.

"Kalau dari unsur Satpol PP Jatinegara saja personel ada 100 orang, itu ada di delapan kelurahan," kata Sadikin dikuti[ dari Antara, Jakarta (23/5/2020).

Upaya penertiban terhadap keramaian masyarakat di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berupa sosialisasi bahaya penyakit hingga penggembosan ban kendaraan konsumen.

"Kita merujuk pada sanksi Pergub Nomor 41 Tahun 2020 tentang PSBB, ada saksi sosial dan denda juga," katanya.

Sadikin mengatakan keramaian pengunjung dipicu prilaku hidup konsumtif usai momentum pencairan tunjangan hari raya.

"Sebenarnya kalau masyarakat tidak ke pasar, ini juga pasti sepi. Masyarakat kita kan juga konsumtif, jadi mungkin setelah mereka dapat uang, uang THR, bansos, itu mungkin mereka pada dibelanjakan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aparat Gabungan

Camat Jatinegara Endang Sofyan mengatakan penertiban keramaian saat malam takbiran akan melibatkan aparat gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, organisasi masyarakat dan sejumlah komponen lainnya.

"Apel penegakan PSBB untuk hari ini tetap dilaksanakan seperti biasa pada jam 08.30 WIB di halaman Musium Benyamin Suaib," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.