Sukses

Pandemi Corona, Para Insinyur Bersiap Hadapi The New Normal

Para insinyur siap membantu masyarakat menghadapi kondisi normal baru pasca-pandemi corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus corona Covid-19 membuat banyak sektor harus beradaptasi. Ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi pun memicu terbentuknya the new normal atau kondisi normal baru.

Berbagai bidang keinsinyuran juga ikut mengalami perubahan. Kini mereka dituntut memberikan kontribusi nyata untuk membantu masyarakat menghadapi kondisi normal baru.

"Sekarang banyak hal berubah. Insinyur sebagai kalangan cerdik cendekia wajib memberi kontribusi konkret dalam kehidupan masyarakat kini di masa pandemi dan nanti. Di sinilah insinyur harus berperan dan berinovasi agar dalam situasi apapun kita semua siap beradaptasi," ucap Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto, dalam keterangannya, Minggu (10/5/2020).

Menurut dia, seluruh bidang keinsinyuran tengah melakukan identifikasi apa yang terjadi sekarang dan setelah pandemi virus corona Covid-19.

"Apa yang terjadi pasca-pandemi, apa tantangannya bagi pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, juga bagaimana cara beradaptasi di setiap bidang keinsinyuran itu, sekaligus tentu saja apa peluang di masa depan dari berbagai tantangan yang kita hadapi sekarang ini," ungkap Heru.

Dia menuturkan, para insinyur Indonesia harus mulai bergerak dari sekarang.

"Insinyur Indonesia harus mampu mengubah semua tantangan sekarang ini menjadi potensi dan peluang-peluang baru di masa depan," tutur Heru.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fase Baru

Dia menegaskan, para insinyur siap membantu masyarakat bagaimana menghadapi kondisi ini ke depan. Sehingga, bisa menata ulang pondasi bidang-bidang keinsinyuran untuk mampu beradaptasi dengan kondisi normal baru nanti.

"Tentu termasuk skema dan prioritas anggaran juga harus berani berubah, karena kita masuk fase normal baru yang sama sekali beda dengan kondisi sebelumnya," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.