Sukses

Sandiaga Uno Siapkan 4 Mobile Rapid Test Corona Sasar Warga Prasejahtera

Mobil unit rapid test corona itu akan menghampiri kelurahan-kelurahan yang padat penduduk dan berada di zona merah penyebaran Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 telah sukses menggelar rapid test massal virus corona di Halaman Parkir Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat selama tujuh hari mulai 22 April hingga 29 April 2020.

Mereka juga rencananya akan melaksanakan mobile rapid test virus corona untuk empat lokasi yang berada di zona merah penyebaran Covid-19.

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Uno mengatakan, mobile rapid test ini akan dimulai pada pekan depan usai pelaksanaan tes cepat di Wisma Atlet Kemayoran. Saat ini, tim relawan telah memiliki 4 unit mobile rapid test yang bisa melakukan 1.000-1.200 testing per hari.

“Jadi (mobile rapid test) kami akan menyasar zona merah terutama wilayah padat yang banyak masyarakat prasejahtera. Jadi mobil unit ini akan menggantikan rapid test massal ini. Kita akan menghampiri kelurahan-kelurahan yang memiliki pemukiman yang padat dan banyak masyarakat yang prasejahtera,” ujar Sandiaga di Halaman Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (26/4/2020).

Untuk lokasi mobile rapid test ini memang belum ditentukan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. Sebab, saat ini para relawan di berbagai daerah akan bergerak dan bekerja sama dengan pemerintah daerah serta aparat setempat untuk meminta data terkait virus corona.

Nantinya, mobile rapid test corona ini akan berpindah-pindah lokasi sesuai dengan data pasien Covid-19 dan keluarga prasejahtera.

“Setiap orang yang dites akan mendapatkan paket sembako dari Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 untuk meringankan beban mereka selama pandemi ini,” jelas Sandiaga

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Sandiaga

Hingga hari kelima pelaksanaan rapid test massal di halaman Wisma Atlet Kemayoran, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 telah mengetes 1.896 orang. Dari data tersebut, 13 orang terindikasi positif Covid-19.

Menurut Sandiaga, rapid test massal yang diadakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 ini telah sesuai dengan protokol yang ditetapkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Untuk sekarang kita siapkan 15.000 lebih alat rapid test. Kita juga siapkan tambahan-tambahan lainnya untuk alat rapid test ini,” tegasnya.

Sandiaga didampingi beberapa koordinator Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 juga meninjau lokasi rapid test massal dan memberikan paket sembako untuk orang yang dinyatakan negatif.

Usai meninjau, Sandiaga juga melepas dua unit mobil tangki disinfektan untuk melakukan penyemprotan di beberapa wilayah di Jakarta Pusat yang berada di zona merah.

Demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Sandiaga berpesan kepada masyarakat untuk disiplin dalam mengikuti anjuran pemerintah yaitu jaga jarak, di rumah saja, gunakan masker, dan aktif dalam gerakan dekontaminasi. Dia menambahkan, pandemi ini harus dilawan dengan gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Sandiaga Uno juga mengajak para relawan yang lain untuk bersatu padu dan bersinergi bersama pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI/Polri untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami yakin dengan bergerak bersama-sama maka kita akan menang lawan Covid-19,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.