Sukses

KPAI Usul Pemberhentian Sitti Hikmawatty sebagai Komisioner karena Langgar Etik

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengusulkan pemberhentian Sitti Hikmawatty dicopot dari jabatannya sebagai komisioner kepada Presiden.

Liputan6.com, Jakarta -m Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengusulkan pemberhentian Sitti Hikmawatty dicopot dari jabatannya sebagai komisioner kepada Presiden. Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua KPAI, Susanto.

""Ya benar," ujar Susanto saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Menurut dia, Sitti Hikmawatty dinilai telah melanggar etik KPAI. Pelanggaran etik ini berdasarkan putusan Dewan Etik KPAI Nomor 01/DE/KPAI/III/2020.

Pada putusannya Dewan Etik telah memberi kesempatan kepada Sitti Hikmawatty untuk mengundurkan diri atau diberhentikan secara tidak hormat.

Rapat pleno KPAI pada 17 Maret 2020 memberi Sitti kesempatan untuk berpikir hingga pukul 13.00 WIB, 23 Maret 2020.

Namun, hingga batas waktu yang ditentukan Sitti Hikmawatty tak kunjung memberikan surat pengunduran diri.

"Berdasarkan hal tersebut dan menindaklanjuti rekomendasi Dewan Etik, KPAI telah menyampaikan surat kepada Bapak Presiden untuk memberhentikan Saudari SH dari jabatannya sebagai anggota KPAI melalui Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," jelas Susanto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.