Sukses

Apa Saja Isi Paket Bantuan Sembako Pemerintah? Ini Jawaban Kemensos

Bantuan sembako diberikan kepada keluarga miskin dan rentan terdampak wabah selama tiga bulan dari April hingga Juni 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Paket bantuan sembilan bahan pokok (sembako) dari Kementerian Sosial untuk warga terdampak Covid-19 di wilayah DKI Jakarta berisi 10 jenis barang termasuk beras, mi instan, sarden, kecap, susu, dan sabun mandi.

"Isi paket sembako ada 10 jenis. Ada mi instan, kornet, sarden, saos sambal, kecap manis, susu, minyak goreng, teh celup, dan beras serta sabun mandi," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Pepen Nazaruddin dalam konferensi pers daring di Jakarta, Jumat (17/4/2020).

Paket sembako bantuan pemerintah yang nilainya Rp 600 ribu per keluarga per bulan disalurkan dua tahap dalam sebulan dengan nilai bantuan setiap kali penyaluran Rp 300 ribu per keluarga.

Bantuan tersebut akan disalurkan pada 20 April 2020 kepada 1,3 juta warga DKI Jakarta. Kementerian Sosial juga akan menyalurkan bantuan sembako serupa kepada 600 ribu warga Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Bantuan sembako diberikan kepada keluarga miskin dan rentan terdampak wabah selama tiga bulan dari April hingga Juni 2020.

Pepen menjelaskan, pendistribusian bantuan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, tanpa mengumpulkan orang banyak.

"Karena itu paket sembako akan disampaikan langsung ke rumah penerima manfaat," katanya seperti dikutip Antara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Sama dengan PT Pos

Pemerintah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan penyedia layanan pemesanan daring untuk mengantarkan bantuan ke rumah keluarga penerima manfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kemensos atau Kementerian Sosial adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan sosial.

    kemensos

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • paket sembako