Sukses

Gagal Berangkat ke Luar Negeri, Kemnaker Akomodir CPMI Pulang ke Kampung Halaman

Kemnaker melalui Direktorat PPTKLN melakukan supervisi dengan pihak terkait untuk mengurus pemulangan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI).

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu beredar video yang berisi permintaan 114 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) yang ingin pulang ke daerah asal karena gagal bekerja di luar negeri karena dampak pandemi Covid-19.

Menindaklanjuti video tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan melalui Direktorat Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (Direktorat PPTKLN) merespon cepat dengan melakukan supervisi bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tangerang; Satpol PP Kecamatan Serdang Kulon; BABINSA; dan BABINKAMTIBNAS ke PT. RI yang merupakan Perusahaan Pelaksana Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI).

"Kita terus berkordinasi dengan pihak terkait termasuk PT RI, untuk memulangkan 114 CPMI ke daerah asal masing-masing," kata Direktur Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri (PPTKLN), Eva Trisiana di Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Eva menjelaskan Pemerintah terus berupaya mencegah penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah melakukan penghentian sementara penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan menerbitkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Kepmenaker) Nomor. 151 Tahun 2020.

Menurut Eva, terbitnya Kepmenaker tersebut merupakan upaya pelindungan terhadap keselamatan dan kesehatan PMI.

"Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh perusahaan penempatan PMI untuk ikut berperan aktif dalam pencegahan penyebaran Covid-19," kata Eva.

 

Sementara Kasubdit Perlindungan TKI Kemnaker, M. Ridho Amrullah menegaskan supervisi ini merupakan kelanjutan dari supervisi sebelumnya pada tanggal 9 April 2020 oleh Dit. PPTKLN dan Ditjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan, Kemnaker. Di supervisi kedua ini, Ridho menghimbau pihak PT. RI segera memulangkan para CPMI ke masing-masing daerah asal guna mematuhi kebijakan physical distancing untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kami juga menghimbau kepada para CPMI, agar tetap selalu memakai masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan dan kesehatan dalam masa tunggu untuk pelaksanaan pemulangan," kata Ridho yang memimpin supervisi tersebut.

Ridho menambahkan 114 orang CPMI yang akan dipulangkan dalam pekan ini, akan dikoordinasikan dengan disnaker masing-masing daerah asal.

"Pemulangan dalam pekan ini, juga disepakati oleh pihak Disnakertrans Kabupaten Tangerang, BABINSA dan BABINKAMTIBNAS, dikarenakan Kabupaten Tangerang akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)," ujar Ridho.

Ridho mengungkapkan pemulangan CPMI dari DKI Jakarta akan dilakukan pada Rabu (15/4/2020). Selanjutkan Kamis (16/4/2020) akan dipulangkan CPMI asal Jawa Barat dan pada Jumát (17/4/2020) lusa, serentak akan dipulangkan CPMI dari provinsi Jawa Tengah, Lampung dan NTB.

Endah Yunus Lestari selaku Perwakilan PT. RI dalam klarifikasinya mengungkapkan dari 114 orang CPMI itu terbanyak berasal dari provinsi Jawa Barat sebanyak 50 orang. Menyusul berikutnya Lampung (28); NTB (23); Jateng (6); Banten (5) dan DKI Jakarta (2).

"Kami siap memulangkan CPMI pada pekan ini, dan kami juga akan berkordinasi dengan Kemnaker dan Disnakertrans Kabupaten Tangerang, serta pihak terkait lainnya," katanya.

Dalam konfirmasinya, Endah juga menyampaikan tidak akan meminta jaminan kepada para CPMI yang dizinkan untuk pulang ke daerah asalnya masing-masing. Namun Endah berharap agar para CPMI itu dapat kembali ke PT. RI jika akan kembali bekerja ke luar negeri pada saat kondisi telah kembali kondusif.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.