Sukses

Kemenag Minta Manasik Haji Online Disosialisasikan

Maka dari itu ia meminta para pembimbing haji dari Kantor Kemenag dan KUA harus diupgrade kemampuannya menggunakan dan memanfaatkan teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah imbauan pembatasan fisik atau physical distancing oleh pemerintah, Kementerian Agama melalui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) menyiapkan beberapa opsi dalam pemberian materi manasik haji kepada para calon jemaah haji 2020 sesuai standar pembatasan fisik dalam masa wabah ini.

Menurut Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Nizar pemberian materi manasik haji mengedepankan penerapan protokol pencegahan Covid-19. Ia mengatakan, ada beberapa yang bisa dilakukan jemaah haji dan pembimbing ibadah haji yang berasal dari Kemenag, antara lain adalah pemberian materi manasik melalui online.

Maka dari itu ia meminta para pembimbing yang berasal dari Kantor Kemenag dan Kantor Urusan Agama harus diupgrade kemampuannya menggunakan dan memanfaatkan teknologi.

"Karena tidak boleh ada kerumunan apalagi ada kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar, alternatifnya adalah melalui online, teman-teman KUA ini harus diupgrade kemampuannya untuk melakukan bimsik (bimbingan manasik) secara online,” kata Nizar dalam Diskusi Jagong Haji dan Umrah melalui daring aplikasi Zoom, Jumat (10/4/2020).

Di samping itu, menurut Nizar, Kemenag saat ini tengah menyiapkan materi bimbingan manasik berbasis audio visual. Materi ini nantinya akan bisa diunduh di laman haji.kemenag.go.id ataupun kemenag.go.id".

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manasik Audio Visual

Ia juga meminta Kasi PHU serta KUA terus mensosialisasikan kebijakan-kebijakan Kemenag dalam memberikan materi manasik terkini kepada masyarakat khususnya jemaah haji.

"Kita nanti akan siapkan bentuk manasik audio visual, dan videonya bisa didownload di web kemudian nanti videonya bisa dlihat di rumah," jelasnya.

Selain itu, pembelajaran juga bisa dilakukan melalui buku, yakni melalui pengiriman buku manasik. Serta pemberian materi manasik melalui media massa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.