Sukses

Jokowi: Pelaksanaan PSBB Tidak Seragam di Seluruh Indonesia

Jokowi meminta kepala daerah tidak tergesa-gesa mengambil keputusan, sehingga salah langkah terkait penutasan pandemi Corona, salah satunya soal PSBB.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepala daerah tidak tergesa-gesa mengambil keputusan, sehingga salah langkah terkait penutasan pandemi Corona, salah satunya soal PSBB.

Dia mengingatkan, pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar tidak akan sama di setiap daerahnya.

Aturan PSBB akan disesuaikan dengan kondisi masing-masing wilayah yang disetujui melakukan pembatasan sosial skala besar itu.

"Saya sampaikan bahwa pelaksanaan PSBB ini tidak diberlakukan secara seragam di seluruh Indonesia. Melainkan kita ingin melihat kondisi masing-masing daerah," kata Jokowi, Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Dia menegaskan, PSBB ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dan mencangkup dengan peberlakuan peliburan sekolah, penutupan kantor, hingga pembatasan kegiatan agama dan umum. Sebab itu, Jokowi meminta para kepala daerah melihat aspek tersebut.

"Ini penting sekali sekali lagi kita tidak ingin memutuskan itu grusa-grusu cepat tetapi tidak tepat. Saya kira lebih baik kita memutuskan ini dengan perhitungan dengan kejernihan dan kalkulasi yang detil dan mendalam," jelas Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PSBB Jakarta

Sebelumnya wilayah DKI Jakarta sudah mendapatkan lampu hijau dari pemerintah pusat untuk menerapkan PSBB. Setelah itu beberapa daerah pun meminta untuk menerapkan PSBB.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menjelaskan ada beberapa daerah yang sudah memberikan surat pengajuan PSBB. Antara lain Fakfak dan Mimika, Papua Barat.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini