Sukses

Kisah Warga Gang di Sawah Besar Jaga Tetangga yang Terpapar Corona

Warga setempat juga menjaga ketat akses keluar masuk di wilayahnya untuk mencegah penyebaran virus Corona lebih luas.

Liputan6.com, Jakarta - Warga di salah satu gang yang berada di Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, menutup akses keluar-masuk wilayahnya. Penutupan itu dilakukan warga setempat setelah ada satu keluarga di kawasan itu yang dinyatakan terinfeksi virus Corona atau Covid-19.

Penutupan yang dilakukan itu bukan secara total dilakukan, tapi sekadar pembatasan aktivitas saja. Warga yang ingin melakukan aktivitas keluar-masuk gang tersebut harus mendapatkan izin dari pengurus RW setempat dan sepakat menolak kegiatan yang tak penting dilakukan di sana.

"Artinya warga tetap masih bisa keluar-masuk. Namun untuk anak-anak atau orang yang tidak ada keperluan penting hanya nongkrong-nongkrong saja, maka perangkat RW akan melarang keluar-masuk," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (6/4/2020).

Satu keluarga yang terpapar virus Corona yakni sepasang suami-isteri dan dua orang anaknya. Suami istri tersebut kini telah dirawat dan diisolasi di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

Sementara dua anaknya tengah menjalani isolasi mandiri di rumah dan dalam pengawasan petugas medis. Warga setempat turut menjaga dan membantu kebutuhan pokok dua tetangganya yang terpapar virus Corona itu. 

"Anak-anaknya yang dua positif, saat ini isolasi di rumah diawasi petugas puskesmas. Kebutuhan makanan dibantu warga sekitar, bahwa warga sepakat untuk merawat dan membantu kebutuhannya," ujarnya.

"Warga sangat mendukung sekali dan dari pihak kepolisian telah menempatkan polisi RW bersama Babinsa ikut mengawasi," pungkasnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Positif Corona di Jakarta

Jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Jakarta terus bertambah. Data website  corona.jakarta.go.id yang diakses Liputan6.com pada Senin (6/4/2020) pukul 10.30 WIB, menyebutkan saat ini jumlah kasus positif mencapai 1.268.

Dalam website tersebut juga dituliskan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 67 orang, meninggal 126 orang, yang masih mendapatkan perawatan 791 orang dan isolasi mandiri ada 284 orang.

Selain itu, jumlah yang masih menunggu hasil sebanyak 751 kasus. Kemudian sebanyak 761 kasus yang telah diketahui titik penyebaran berdasarkan kelurahannya dan sisanya 507  belum diketahui.

761 kasus yang telah diketahui tersebut tersebar di lima kota administrasi di Jakarta. Mulai dari Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.