Sukses

2 Wisatawan Tewas Tertimpa Longsor di Curug Ciloseh Bogor

Dua orang wisatawan asal Bekasi ditemukan tewas tertimbun longsor di Curug Ciloseh, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/4/2020).

Liputan6.com, Jakarta - Dua orang wisatawan asal Bekasi ditemukan tewas tertimbun longsor di Curug Ciloseh, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/4/2020).

Dua orang tersebut adalah Abdul Rohman (28) warga Kampung Tanah Baru, Desa Harjamekar, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi dan Oman Suganda (28) warga Desa Rahayu, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi.

Mulanya, Oman dan Abdul hendak menuju Air Terjun Ciloseh di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor pada Sabtu (5/4/2020) sore. Curug tersebut memang belum dibuka untuk umum dan belum diketahui banyak wisatawan.

Saat tiba di lokasi, hujan turun sangat deras. Tebing di sekitar curug pun mengalami longsor hingga material longsoran menimpa keduanya.

Salah satu korban sempat memberitahu kepada saudaranya yang tinggal di desa itu melalui telpon genggam, bahwa dia dan temannya terjebak longsoran di Curug Cisoleh.

"Dia ke jebak di gubuk. Lalu nelepon minta agar dijemput," kata Ridwan, saudara korban Abdul Rohman.

Menjelang maghrib, salah satu saudaranya bernama Ujib bergegas menuju curug untuk menjemput Oman dan Abdul. Setiba di lokasi, Ujib melihat kedua korban longsor sudah dalam keadaan tidak bernyawa, tubuhnya tertimbun longsoran.

Melihat kejadian ini, Ujib kemudian meminta bantuan tim rescue untuk mengevakuasi kedua korban nahas tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tertimbun Material

Setelah menerima informasi adanya dua orang meninggal tertimpa material longsor, anggota Damkar dan BPBD Kabupaten Bogor serta aparat TNI/Polri menuju lokasi untuk melakukan evakuasi.

"Minggu pagi kami berangkat menuju lokasi untuk melakukan evakuasi korban," kata petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, Alan Budiman.

Setelah menempuh waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 30 menit, tim gabungan tiba di lokasi kejadian. Kedua korban akhirnya berhasil dievakuasi sekitar 2 jam kemudian.

"Saat ditemukan sudah meninggal dunia akibat tertimbun material batang pohon, batu dan tanah," kata Alan Budiman.

Kedua jasadnya korban langsung dibawa ke Puskesmas Tanjungsari untuk kemudian diserahkan ke keluarganya di Bekasi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.