Sukses

Erick Thohir Menteri Paling Berani Menurut Survei, Ini Kata Pengamat

Erick dipandang tidak punya banyak kepentingan sehingga keputusannya lebih berdasarkan profesionalisme.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil survei Charta Politika menunjukkan nama Erick Thohir, Prabowo Subianto, Sri Mulyani, Nadiem Makarim, dan Mahfud MD sebagai lima besar menteri yang dinilai publik memiliki kinerja terbaik. Dari sederet nama itu, Menteri BUMN Erick Thohir dianggap paling berani mengeluarkan kebijakan.

Pengamat Politik Undip Teguh Yuwono menilai kinerja menteri Jokowi yang diapresiasi publik adalah menteri yang punya gebrakan dan berani mengambil keputusan. Teguh menilai sosok Erick Thohir sebagai salah satu menteri yang berani.

Erick, kata dia, dipandang tidak punya banyak kepentingan sehingga keputusannya lebih berdasarkan profesionalisme. Selain Erick, dua nama lainnya yaitu Nadiem dan Sri Mulyani dianggap memuaskan publik.

Teguh menilai menteri-menteri yang diapresiasi publik umumnya adalah sosok yang punya visi dan terobosan di sektor yang dipimpinnya.

"Publik selalu menunggu menteri-menteri yang berani mengambil keputusan. Menteri-menteri yang berani mengambil risiko kebijakan yang tentu berorientasi kepada upaya menjaga kredibilitas, menjaga kekayaan negara, menjaga keamanan negara," kata Teguh dalam keterangan tertulis, Senin (30/3/2020).

Teguh pun menilai nama-nama yang muncul di sejumlah lembaga survei sudah dirasakan atau diketahui publik kinerjanya. Sehingga wajar nama Erick dan beberapa nama menteri lain memiliki persepsi yang sangat baik. Selain apa yang mereka kerjakan diketahui publik, keputusan yang diambil pun sang menteri pun dirasakan dampaknya.

"Jadi tentu bisa dipahami jika nama (menteri) yang muncul kemudian menteri yang bikin gebrakan," kata Teguh.

Menurut Teguh, nama Erick yang terus mencuat di tengah publik menandakan masyarakat memang butuh figur yang tidak terkait banyak kepentingan. Menurutnya, publik mengapresiasi menteri yang tegas dan berpihak pada masyarakat.

"Kemunculan Erick Thohir bisa dilihat bahwa publik mengapresiasi orang-orang yang tak lagi berorientasi pada kekayaan pribadi atau kepentingan pribadi," kata dia.

Menurut Teguh, Erick berlatar belakang pengusaha sehingga dia akan bekerja profesional. Ia berharap Erick bisa membuat gebrakan kebijakan baru.

"Erick Thohir kan secara kekayaan termasuk menteri yang sudah sangat mumpuni, dia tak butuh apa-apa lagi. Dia hanya butuh aktualisasi diri. Butuh menyelamatkan bangsa dan mensejahterakan bangsa. Jadi saya kira karena background ekonominya begitu kuat, saya kira menjadi leluasa dan menjadi mudah bagi beliau untuk melakukan gebrakan-gebrakan," kata Teguh.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick dan Prabowo

Sebelumnya lembaga survei Charta Politika mengeluarkan hasil yang menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat pada pemerintah. Hasilnya menunjukkan tingkat kepuasan pada pemerintah berada di kisaran 70,7 persen.

Terkait kinerja menteri, nama Erick Thohir bersama Prabowo Subianto menjadi menteri kabinet yang dinilai publik memiliki kinerja terbaik. Di luar dua nama itu ada Mahfud MD, Nadiem Makarim, dan Sri Mulyani.

Daftar 10 Menteri dengan Tingkat Kepuasan Publik Tertinggi versi Charta Politika yaitu Prabowo Subianto 16,8%, Erick Thohir 14,3%, Mahfud MD 9,6%, Nadiem Makarim 7,1%, Sri Mulyani 5,3%, Retno Lestari Marsudi 2,3%, Tito Karnavian 1,6%, Syahrul Yasin Limpo 1,4%, Basuki Hadimuljono 1,3%, dan Luhut Binsar Panjaitan 0,9%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.