Sukses

Anies Sebut 5 Sektor Ini Terus Beroperasi jika Jakarta Karantina Wilayah

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, pihaknya telah mengajukan rencana karantina wilayah kepada pemerintah pusat. Anies juga mengajukan sejumlah sektoral yang terus beroperasi bila nanti karantina wilayah berlaku.

"Dalam usulan kami ada beberapa sektor yang tetap berkegiatan energi, pangan, kesehatan, komunikasi, keuangan. Itu yang kita pandang," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (30/3/2020).

Selain itu, dia juga menyebut telah menyiapkan sejumlah skenario untuk mengatur rencana karantina wilayah. Sebab, kebutuhan pokok harus tetap beroperasi untuk masyarakat.

"Kita mengatur ini semua, termasuk menyusun distribusi logistik untuk masyarakat," ucapnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengharapkan segera ada titik temu hukum untuk pelaksanaan karantina wilayah. Sebab, saat ini jumlah pasien terkait virus Corona atau Covid-19 terus naik.

"Kita berharap ada ketetapan hukum, sehingga kita bisa lakukan penegakan atau enforcement," jelas Anies Baswedan.

 

2 dari 2 halaman

Pasien Terus Naik

Sebelumnya, jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Jakarta mengalami kenaikan. Saat ini jumlah tersebut mencapai 720 kasus dan data tersebut berdasarkan webiste corona.jakarta.go.id yang diakses Liputan6.com pukul 10.35 WIB.

Dalam laman tersebut juga dituliskan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 48 orang, meninggal 76 orang, yang masih mendapatkan perawatan 445 orang dan isolasi mandiri ada 151 orang.

Selain itu, jumlah yang masih menunggu hasil sebanyak 599 kasus. Kemudian sebanyak 462 kasus yang telah diketahui titik penyebaran berdasarkan kelurahannya dan sisanya 258 belum diketahui.