Sukses

Jubir Penanganan Covid-19: Mari Lindungi yang Sakit, Jangan Didiskriminasi

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara pemerintah untuk virus Corona Covid-19, Achmad Yurianto meminta agar melindungi mereka yang sakit. Dia juga meminta agar masyarakat mendukung orang yang melakukan isolasi mandiri.

"Mari sekali lagi, kita lindungi yang sakit. Jangan didiskriminasikan, jangan distigmanisasi, tapi lindungi dia agar bisa melaksanakan isolasi dengan baik di rumahnya. Bukan untuk dikucilkan, tapi dibantu agar dia betul-betul melaksanakan isolasi diri dengan sebaik-baiknya," kata Yurianto dalam konferensi pers di BNPB, Jakarta, Minggu (29/3/2020).

Dia juga meminta yang sehat untuk juga dilindungi agar jangan terpapar dan sakit.

"Kemudian untuk yang sehat juga harus dilindungi, jangan sampai sakit," tutur Yurianto.

Menurut dia, hal ini adalah kunci keberhasilan untuk mengendalikan penyakit Covid-19.

"Kita tidak punya cara yang lain, perawatan di rumah sakit akan selektif kita lakukan untuk yang memang terindikasi penyakit ini dan tidak memungkinkan untuk melakukan isolasi diri. Termasuk orang yang rentan, orang tua, orang yang mempunyai penyakit-penyakit sebelumnya," pungkasnya.

 

2 dari 3 halaman

Pentingnya Kekompakan

Sebelumnya, dia menekankan pentingnya kekompakan dalam menghadapi kasus pandemi ini.

"Di mana semua orang saling melindungi dari Corona. Yang sakit melindungi yang sehat agar tidak tertular oleh penyakitnya. Yang sehat melindungi yang sakit agar tidak keluar dari rumah dan melakukan kegiatan yang tidak perlu di luar rumah," ujar dia.

Kemudian yang kaya melindungi yang miskin agar bisa hidup dengan wajar dan yang miskin melindungi yang kaya agar tidak menularkan penyakitnya. Ini menjadi kerja sama yang penting.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: