Sukses

Megawati Minta Gaji Kader PDIP Disumbangkan untuk Penanganan Corona

Secara khusus Megawati meminta kepada kadernya untuk memprioritaskan bantuan bagi perempuan, anak-anak balita, dan manula.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri memimpin gerak gotong royong nasional partai untuk kemanusiaan. Hal ini dilakukan sebagai cara tanggap darurat dan gerak cepat partai agar tepat sasaran dalam pencegahan virus corona Covid-19.

“Pagi ini Ibu Mega memberikan arahan bahwa terkait dengan kerja gotong royong simpatisan, anggota, dan kader partai di dalam melawan Covid-19, maka bantuan yang diprioritaskan Partai bersifat in-natura," kata Sekjen PDiP Hasto Kristiyanto, Jumat (27/3/2020).

Selain masker dan APD, kata Hasto, PDIP terus memberikan bantuan berupa jamu, telor, hand sanitizer, dan juga penyemprotan desinfektan. Kemudian, para kader PDIP yang menjabat di kursi struktural, eksekutif dan legislatif partai atau tiga pilar agar berkomitmen untuk menyisihkan gajinya untuk gotong royong kemanusiaan ini.

"Ketua Umum memberikan arahan bahwa hasil penyisihan gaji tersebut harus dikoordinir dengan baik dan diprioritaskan untuk bantuan in-natura agar dapat segera sampai dan dapat segera digunakan oleh tujuan," jelas Hasto.

Hasto mengaskan, secara khusus Megawati meminta kepada kadernya untuk memprioritaskan bantuan bagi perempuan, anak-anak balita, dan manula.

Mengingat bahwa pandemi corona Covid-19 tersebut diperkirakan oleh para ahli akan memakan waktu sekitar 3 bulan, maka segala kebutuhan mereka harus terpenuhi dengan baik.

"Bantuan dari BNPB terkait obat-obatan dan APD sebaiknya langsung didistribusikan ke rumah sakit rujukan di daerah-daerah. Selain itu bantuan dari PDI Perjuangan dapat disalurkan ke rumah sakit yang bukan rujukan, yang juga pastinya sangat membutuhkan," tegas Hasto.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosialisasi Physical Distancing

Selain bantuan medis dan ketahanan pangan, PDIP juga terus membantu pemerintah untuk sosialisasi pentingnya physical distancing, pentingnya cuci tangan dan cuci benda khususnya yang akan berkontak dengan mulut, hidung, dan/atau mata, serta pentingnya gerakan di rumah aja.

"Ibu Megawati menekankan, "Gerak minimal adalah Jaga Jarak Fisik (1,5 - 2 meter) dan Gunakan Masker", lalu seringlah cuci tangan, sabar dan tertib lakukan tinggal di rumah, tingkatkan daya imun tubuh juga selalu berdoa," Hasto menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.