Sukses

BMKG: Gempa M 7,6 di Rusia Tak Picu Tsunami di Indonesia

Kepulauan Kuril, Rusia, diguncang gempa dengan magnitudo 7,6 pada pukul 09.49.14 WIB, Rabu, 25 Maret 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Kepulauan Kuril, Rusia, diguncang gempa dengan magnitudo 7,6 pada pukul 09.49.14 WIB, Rabu, 25 Maret 2020.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini merupakan jenis lindu dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng pada Palung Kurile-Kamchatka (Kurile-Kamchatka Trench) dan dipicu adanya penyesaran naik (thrust fault).

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil pemodelan yang dilakukan BMKG. 

"Meskipun di sekitar pusat gempa tercatat tsunami kecil hanya beberapa sentimetar, akan tetapi hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia, untuk itu kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang," ujar Daryono, dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Rabu (25/3/2020).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kawasan Rawan Gempa

Daryono mengatakan Kepulaun Kuril dan Semenanjung Kamchatka Rusia merupakan kawasan rawan gempabumi dan tsunami.

Gempa dahsyat sudah beberapa kali terjadi di wilayah ini, seperti pada 1952 (M 9.0), 1963 (M8.5), (M7.8), 2006 (M 8.3), 2007 (M 8,1) dan gempa yang terjadi hari ini (M7,6).

Beberapa di antara catatan gempa tersebut memicu tsunami yang destruktif. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa Rusia