Sukses

Kemendikbud Alokasikan Rp 104 Miliar untuk Bencana

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud Nadiem Makarim bersama beberapa jajaran stafnya menggelar rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Kamis (20/2/2020).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan anggaran sebesar 104 miliar untuk menanggulangi bencana.

"Kita telah mengalokasikan layanan khusus kebencanaan itu sebesar Rp 104 M dan untuk aman bencana Rp 44 M. Afirmasi tadi 104 M," ungkap Mendikbud Nadiem Makarim di Ruang Sidang Komisi X DPR RI, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Menurut dia, fungsi dana tersebut guna penyangga jika terjadi bencana dan merugikan pihak yang berkaitan dengan Kemendikbud. "Ini juga mengikuti aspirasi Komisi X kemarin dan ini input yang sangat baik," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud Nadiem Makarim bersama beberapa jajaran stafnya menggelar rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Kamis (20/2/2020).

Dalam Raker tersebut, mantan bos Gojek Indonesia itu juga mencetuskan rencana pembentukan Pusat Prestasi Nasional. Di mana lembaga ini nantinya akan berfungsi sebagai manajemen talenta bagi anak muda Indonesia.

"Dan kita akan membuat lomba-lomba, festival, olimpiade, skala nasional untuk mengimbangi yang tadinya prestasi anak kita hanyalah angka-angka. Sekarang kita bisa memasukkan berbagai prestasi," terangnya.

Menurut Nadiem, berbagai aktivitas di dalamnya akan mendorong penguatan karakter anak-anak Indonesia. Selain juga untuk meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan di Indonesia.

"Jiwa kepemimpinan itu gak bisa dites dengan kemampuan kepintaran saja. Dan jiwa kepemimpinan adalah hal yang kita butuhkan bagi masa depan anak muda kita," beber dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.