Sukses

Cegah Virus Corona Masuk NKRI, Koarmada I Jaga Ketat Laut Perbatasan

Liputan6.com, Jakarta - Komando Armada I TNI Angkatan Laut tegaskan komitmennya untuk membantu pemerintah pusat cegah masuknya virus mematikan Coronavirus (Covid-19) atau virus corona ke wilayah Indonesia.

"Karena domainnya di laut, jadi tetap membantu dengan melibatkan instansi yang lain kita bekerja sama untuk mengadakan pengawasan maupun tindakan langsung," kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada I TNI-AL, Letkol Laut (P) Fajar Tri Rohadi di Kantor Koarmada I, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Dia menerangkan peran TNI AL kala berhembus isu ada WNI dari Singapura yang terindikasi terinfeksi Covid-19 untuk segera menindaklanjuti kabar tersebut. Berhubung mereka memasuki wilayah Indonesia melalui jalur laut.

Fajar mengatakan pihaknya memastikan wilayah-wilayah yang berbatasan dengan negara tetanngga seperti Singapura aman. Sejauh ini, dia mengaku terus melakukan penjagaan, khususnya di wilayah-wilayah pelabuhan.

"Makanya kita memperkuat di simpul-simpul tertentu, seperti pelabuhan, baik barang maupun penumpang yang mereka aktif berinteraksi negara-negara tetangga," beber dia.

Kendati belum ada kasus kejadian Coronavirus di Indonesia, namun kata Fajar pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak demi mencegah virus tersebut berkembang di Indonesia. Melalui tindakan-tindakan preventif.

"Dan kita terus berupaya bekerja sama dengan instansi lain, Imigrasi, Kesehatan, Perhubungan dan instansi lain yang terkait untuk mencegah ini," jelasnya.

Dinas Penerangan Koarmada I TNI AL menggelar silahturahmi bersama media. Silahturahmi yang dibingkai dalam acara coffee morning tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada I TNI-AL, Letkol Laut (P) Fajar Tri Rohadi.

Dalam kesempatan tersebut, Fajar menyampaikan terima kasih kepada awak media karena telah berkenan menghadiri forum untuk menjalin kedekatan tersebut.

Selain untuk menjalin kedekatan bersama awak media, acara tersebut jaga diharapkan bisa membangun kekuatan informasi Koarmada I.

"Karena awak media yang bisa membuat Koarmada I bisa dikenal secara luas," kata dia.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading