Sukses

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Bola Basket 2023, Ini Pesan Jokowi

Jokowi juga meminta agar tempat yang digunakan sebagai tempat tanding sesuai standar yang ditetapkan FIBA.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar rapat terbatas terkait persiapan penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 bersama menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dalam rapat tersebut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut meminta untuk memperbaiki regulasi jelang pertandingan yang akan digelar pada 2023.

"Penting untuk kita siapkan, baik aturan hukum dan regulasi yang menjadi dasar bagi penyelenggaraan FIBA 2023," kata Jokowi saat membuka rapat di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (18/2/2020). 

Termasuk kata dia persiapan alokasi anggaran dan penyelesaian kewajiban hosting fee yang harus dipenuhi kepada FIBA.

"Mulai dari perencanaan penganggaran kegiatan praevent termasuk keamanan dan pengamanan, kesehatan," ungkap Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini juga meminta agar tempat yang digunakan sebagai tempat tanding sesuai standar yang ditetapkan FIBA. 

"Saya minta agar venue yang akan digunakan sebagai tempat tanding disiapkan sesuai standar yang ditetapkan fiba. Mulai dari tempat duduk, ruang ganti, lapangan pertandingan, lantai kayu, area hospitality, jaringan internet, dan pelayanan lainnya," kata Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Timnas Bola Basket Yang Tangguh

Jokowi juga meminta agar Ketua Umum PB Perbasi periode 2019-2023, Danny Kosasih mempersiapkan timnas bola basket yang tangguh untuk memenangkan pertandingan di 2023.

"Saya minta disiapkan persiapan untuk timnas bola basket yang tangguh dan bermental dalam rangka 2023 yang akan datang," kata Jokowi.

Sebelumnya diketahui Indonesia diwakili anggota Dewan Sentral FIBA Erick Thohir didampingi Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih, Ketua Asoiasi Basket Filipina (SBP) Manuel Pangilinan, dan Ketua Asosiasi Bola Basket Jepang (JBA) Yuko Mitsuya, menerima bendera FIBA yang diserahkan oleh Presiden Asosiasi Bola Basket China (CBA) Yao Ming serta legenda Amerika Serikat Kobe Bryant selaku Duta Piala Dunia FIBA 2019.

"Penyerahan bendera ini sebagai titik nol dimulainya persiapan pelaksanaan Piala Dunia FIBA 2023. Artinya Indonesia harus mulai serius mempersiapkan diri," kata Erick.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.