Sukses

Usai Gunung Merapi Erupsi, Jokowi Cek Pengendali Lahar Dingin

Jokowi turut didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengecek upaya revitalisasi lahan kritis sekitar Dam Kali Putih, Magelang Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020). Sabo Dam sendiri memiliki manfaat untuk mengendalikan aliran lahar dingin Gunung Merapi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meninjau Dam Kali Putih usai melakukan penanaman pohon di Taman Nasional Gunung Merapi. Jokowi turut didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Selain untuk pengendali alirah lahar dingin Gunung Merapi, Sabo Dam yang dikunjungi Jokowi ini berfungsi sebagai jembatan penghubung antardesa, sebagai sumber air baku dan irigasi, serta area wisata. Sementara itu, bagian hulu Sabo berfungsi sekaligus sebagai lokasi penambangan pasir dan batu secara terkendali.

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Erupsi kecil terjadi 2 kali dalam 10 tahun, sedangkan erupsi besar terjadi setiap 10 tahun sekali. Erupsi terbesar terjadi pada 2010 lalu (sejak 170 tahun).

Erupsi Gunung Merapi telah menyebabkan terjadinya banjir lahar yang mengakibatkan terjadinya korban jiwa, kerusakan pemukiman, sarana dan prasarana jalan, bangunan pengairan, serta fasilitas umum lainnya.

Untuk itu, sejak 1969, dilaksanakan program pengendalian banjir lahar Gunung Merapi untuk penanggulangan dampak erupsi. Dalam rangka penanggulangan banjir lahar Gunung Merapi, pada 1977-1980 disusun sebuah rencana induk sebagai hasil kerja sama Indonesia dan Jepang.

Selanjutnya, rencana induk tersebut ditinjau ulang pada 2001, untuk kemudian ditinjau kembali pada 2017 setelah erupsi besar 2010 yang menghasilkan 140 juta meter kubik lahar.

Berdasarkan rencana induk tersebut, dilaksanakan pembangunan Sabo Dam dan prasarana pengendali banjir lahar lainnya secara besar-besaran, yaitu sebanyak 272 unit Sabo Dam.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erupsi 13 Februari

Sebelumnya, Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta kembali erupsi pada Kamis, 13 Februari 2020 pagi. Hal itu diketahui melalui laman Twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) @bpptkg.

"Terjadi erupsi di Gunung #Merapi tanggal 13 Februari 2020 pukul 05.16 WIB," tulis BPPTKG.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.