Sukses

Jokowi Cek Pengerjaan Renovasi Masjid Istiqlal

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meninjau renovasi Masjid Istiqlal Jakarta Pusat. Sekitar 15 menit, dia  mengecek beberapa wilayah mulai dari mihrab, selasar, halaman, hingga toilet masjid. Jokowi pun berharap masjid yang direnovasi sejak 2019 bisa rampung dan digunakan sebelum bulan Ramadan.

"Kita harapkan nanti sebelum Ramadan sudah bisa selesai sehingga bisa dipakai," kata Jokowi usai meninjau Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (7/2/2020).

Jokowi menjelaskan, renovasi kali ini adalah pertama kali sepanjang 41 tahun yang lalu. Dan diperlukan biaya yang cukup besar yaitu Rp 475 miliar.

"Memperbaiki, memoles lantai, mengganti karpet, lighting, sound system, semuanya. Menambah basement yang di depan, parkirnya basement-nya ditambah," ungkap Jokowi.

Tidak hanya itu, beberapa bangunan di luar pun diperbaiki. Mulai dari interior, eksterior hingga sungai yang akan dibersihkan.

"Sungai yang ada di lingkungan Istiqlal semua diperbaiki sehingg tamannya menjadi lebih bagus lagi," ungkap Jokowi.

Diketahui Pelaksanaan renovasi masjid Istiqlal dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya selama 300 hari kalender melalui Kontrak Tahun Jamak (2019-2020) atau sekitar 10 bulan.

Kontraktor yang akan melaksanakan kegiatan ini adalah PT Waskita Karya (Persero) dengan Manajemen Konstruksi oleh PT Virama Karya.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: