Sukses

Jokowi Perintahkan Menkes Awasi Virus Corona Masuk RI

Jokowi meminta wilayah pelabuhan dan bandara di jaga ketat, demi mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mengajak semua pihak mewaspadai virus conora. Jokowi mengaku telah memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto untuk terus memantau secara detail Virus Corona.

"Saya sudah perintahkan ke Menkes untuk diawasi secara detil, diawasi,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Jokowi memastikan pemerintah mengawasi ketat di jalur masuk RI, seperti pelabuhan dan bandara. Ini untuk memastikan setiap orang yang masuk ke Indonesia dari luar negeri tidak terjangkit Virus Corona.

"Kita kan juga sudah siap mencek dengan scanner setiap kedatangan dari luar, siapapun yang kita perkirakan kemungkinan besar terjangkit. Tapi sampai sekarang informasi yang saya terima dan moga-moga seterusnya, tidak ada yang terjangkit corona," ujar dia.

Sebelumnya, Terawan Agus Putranto mengaku sudah mengantisipasi masuknya Virus Corona dari Kota Wuhan, China Tengah. Dia meminta pihak terkait menjaga ketat bandara dan pelabuhan.

"Semua bandara, semua pelabuhan waspada,” katanya di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis, 16 Januari 2020.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penularannya Cepat

Terawan menyebut virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan itu sudah menyasar Bangkok. Bahkan, berdasarkan laporan terbaru hari ini sudah masuk ke Jepang.

"Nah sekarang ini warning terus. Saya giatkan karena itu penularannya paling cepat kalau model SARS kaya begitu,” jelasnya.

Terawan mengaku belum mengatahui model penyebaran virus yang diduga disebabkan oleh virus corona tipe baru itu.

"Model pneumonia dari Wuhan itu modelnya yang mana kita belum tahu. Tapi paling tidak kita harus mewaspadai karena itu bisa berbahaya,” ucap Terawan.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.