Sukses

Pemprov DKI Gandeng Puluhan Komunitas Meriahkan Imlek

Perayaan Imlek tahun ini, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan komunitas dan warga.

Liputan6.com, Jakarta Menyambut Tahun Baru Imlek 2571, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar beragam acara di beberapa ruang publik. Perayaan Imlek ini berlangsung pada 15 Januari hingga 9 Februari 2020 dan merupakan wujud dari akulturasi kebudayaan di Jakarta. 

"Perayaan Imlek tahun ini, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan komunitas dan warga turut memeriahkan Tahun Baru Imlek dengan suka cita. Perayaan ini adalah hasil dari akulturasi kebudayaan yang masuk ke Jakarta dan telah menjadi bagian dari kita semua," ujar Hendra Hidayat, Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Adapun rangkaian kegiatan yang dihadirkan Pemprov DKI Jakarta dalam menyambut Tahun Baru Imlek ini sebagai berikut:

Chinese Food Festival, Tanjidor dan Gambang Kromong, Dekorasi Ornamen Perayaan Imlek dan Sejarah 12 Shio, Lampion Kolaborasi dan Wishing, Wayang Potehi, Penampilan Koko Cici, Stand Up Comedy, Festival Peranakan (Bakmie Legendaris dan makanan khas Peranakan), serta penampilan Wushu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaborasi Komunitas di Perayaan Imlek

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun turut mengapresiasi kerja sama dengan sejumlah pihak untuk menghadirkan perayaan Tahun Baru Imlek ini.

Di antaranya, Vihara Amurva Bhumi, SMAN 99 Jakarta, SMAN 22 Jakarta, SMAN 60 Jakarta, SMAN 111 Jakarta, SMAN 39 Jakarta, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), SMA Ignatius Slamet Riyadi, SMA Wijayakusuma, SMA Kemala Bhayangkari, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin), dan Federasi Olah Raga Barongsai Indonesia DKI Jakarta.

Kolaborator lainnya adalah Koko Cici Jakarta, Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Majelis Lucu Indonesia (MLI), Manual Jakarta, Whiteboard Journal, Rumah Cinta Wayang, Top Tables, Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Pasar Jaya, Transjakarta, dan MRT Jakarta.

Perayaan seperti ini bukan pertama kali diselenggarakan di Jakarta. Sejumlah perayaan keagamaan telah digelar sebelumnya. Seperti Jakarta Muharram Festival 2019 yang diadakan bagi umat Islam, Festival Cahaya (Deepavali) 2019/5121 Kaliyuga bagi umat Hindu – India, dan Christmas in Jakarta bagi umat Kristiani.

 

(Okti Nur Alifia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.