Sukses

Demi Investasi, Jokowi Minta Gubernur NTT Selesaikan Sengketa Lahan di Labuan Bajo

Jokowi mengatakan bahwa pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo menjadi super premium akan mulai dibenahi pada awal 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meminta Gubernur NTT Victor Laiskodat dan Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula untuk menyelesaikan masalah sengketa lahan di kawasan wisata Labuan Bajo.

Sebab, kata dia, masalah sengketa lahan menjadi salah satu perhatian para investor.

"Pak Gubernur dan Pak Bupati mengenai masih banyaknya tanah sengketa di sini, ini tolong jadi catatan karena ini jadi perhatian dari para investor yang ingin menanamkan modal di sini," ujar Jokowi di Plataran Komodo Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (20/1/2020). 

Menurut dia, perlu ada penyelerasan antara hukum adat dan hukum positif sehingga masalah sengketa lahan terselesaikan.

Jokowi mengaku saat ini sudah ada investor dalam negeri maupun asing yang ingin menanamkan modalnya di Labuan Bajo, salah satunya dari Uni Emirate Arab (UEA).

"Ada (investor) yang dari domestik, ada yang asing. Ada yang dari sana (UEA) juga ada," ucap Jokowi di Puncak Waringin Labuan Bajo.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo menjadi super premium akan mulai dibenahi pada awal 2020.

Untuk itu, dia menekankan pentingnya kebersihan, keamanan, dan kenyamanan para wisatawan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Garab Wisatawan Premium

Menurut Jokowi, segmen wisatawan di Labuan Bajo adalah yang memiliki pengeluaran lebih besar.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas mengenai pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo di Plataran Komodo, Nusa Tenggara Timur, Senin (20/1/2020).

"Yang pertama yang berkaitan dengan penataan kawasan, kita memang ingin segmen pasar wisatawan yang hadir di sini adalah yang pengeluarannya lebih besar dari wisatawan kebanyakan," kata Jokowi. 

"Oleh sebab itu, kita perlu sekali melakukan integrasi baik berkaitan dengan kerapian, kebersihan, kenyamanan dan keamanan bagi para wisatawan," sambung dia.

Bukan hanya menjadi kawasan super premium, pemerintah juga menyiapkan Labuan Bajo untuk menjadi tuan rumah pertemuan G-20 Summit dan ASEAN Summit 2023.

Untuk diketahui, pada 2023 Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN sekaligus Ketua G-20.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Labuan Bajo merupakan salah satu kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

    Labuan Bajo