Sukses

Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Papua, BNPB: Belum Ada Laporan Kerusakan

Gempa di Papua dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,3 mengguncang wilayah Jayapura, Papua pada Sabtu malam 18 Januari 2020 pukul 23.38.13 WIB atau Minggu dini hari pukul 01.38 WIT. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum menerima laporan kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo mengatakan, gempa yang terletak di koordinat 2.71 LS, 139.64 BT atau 39 kilometer barat laut Kabupaten Jayapura itu tidak berpotensi tsunami.

"Kekuatan gempa bumi dikoreksi menjadi 6.1 SR dengan kedalamam 53 km dan tidak berpotensi tsunami," kata Agus dalam keterangannya, Minggu (19/1/2020).

Agus menyebut, gempa bumi tersebut mengguncang empat wilayah yang berada di Papua yakni Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Yahukimo, dan Kabupaten Keerom.

"Kabupaten Jayapura gempa terasa kuat selama 4-6 detik, masyarakat tidak panik, TRC BPBD Kabupaten Jayapura melakukan koordinasi dengan instansi terkait. Sedangkan Kabupaten Sarmi gempa terasa kuat selama kurang lebih 3 detik, namun beberapa masyarakat panik dan keluar rumah," katanya.

Sementara guncangan gempa tidak begitu terasa di Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Keerom. BNPB menyebut, dua kabupaten tersebut kondusif.

Hingga kini, belum diketahui dampak yang ditimbulkan dari gempa tersebut. "Sejauh ini belum ada laporan terkait kerusakan," kata Agus.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa Bumi

  • Gempa Papua

Video Terkini