Sukses

Anies Baswedan: Digitalisasi Akan Hilangkan Beberapa Jenis Pekerjaan

Anies tak menampik dunia kerja perlu mengikuti segala kemajuan teknologi, meski diikuti dengan permasalahannya.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri upacara kegiatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Soemantri, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan tantangan K3 dalam industri revolusi 4.0.

Menurut dia, seiring dengan melejitnya perkembangan teknologi internet di setiap lini industri membuat sejumlah lapangan pekerjaan hilang. Fakta ini, kata Anies, juga berpotensi menimbulkan masalah baru.

Ia tidak menyebutkan bahaya yang dimaksud, seiring dengan penerapan digitalisasi di segala lini sektor industri. Hanya saja, penerapan itu membuat sejumlah pekerjaan menjadi hilang.

"Perubahan tersebut akan menimbulkan hilangnya beberapa jenis pekerjaan baru dengan pendekatan digital dan IT. Fenomena ini dapat berdampak pada timbulnya jenis potensi bahaya baru," kata Anies, Jumat (17/1/20).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu tak menampik dunia kerja perlu mengikuti segala kemajuan teknologi, meski diikuti dengan permasalahannya. Namun demikian, ia menekankan agar penerapan K3 terus diterapkan secara komprehensif.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilakukan Secara Manual

 

Anies juga menambahkan, meskipun sektor industri telah menerapkan aktivitasnya secara digital, ia mengingatkan agar penerapan K3 juga perlu dilakukan secara manual.

"Situasi ini tentu meniscayakan kewaspadaan kita akan pentingnya mengantisipasi potensi problem K3 baru, sembari terus memastikan agar pekerjaan yang bersifat manual tetap terlindungi keselamatan dan kesehatan kerjanya," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.