Sukses

Usai Banjir, DLH DKI Prioritaskan Truk Sampah ke TPST Bantar Gebang

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan kekuatan penuh dalam kerja bakti akbar Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengerahkan kekuatan penuh dalam kerja bakti akbar Jakarta pascabanjir. Kerja bakti akbar merupakan instruksi Gubernur Anies Baswedan yang digelar serentak di 390 RW yang terdampak banjir se-Jakarta pada Minggu, (5/1/2020).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, DLH menerjukan lebih dari 800 Pengawai Negeri Sipil (PNS) dan 12.000 personel pasukan oranye hari ini. Selain itu, DLh juga menyediakan 1.400 truk sampah, 200 alat berat, 50 unit road sweeper dan 100 pick up lintas.

“Kami turunkan hampir seluruh kekuatan, baik personel dan sarana untuk membantu korban banjir kerja bakti membersihkan kampung dan rumahnya,” kata Andono dalam keterangannya, Minggu (5/1/2020).

Andono mengungkapkan, truk sampah yang membawa sampah penanganan pasca banjir akan diproritaskan di TPST Bantargebang. “Kami siapkan jalur khusus di TPST, sehingga rotasi makin optimal,” katanya.

Sebelumnya, Anies menyerukan kerja bakti serentak pada seluruh jajaran Pemprov DKI untuk membantu warga yang terdampak banjir. Anies juga menyerukan ajakan kepada seluruh warga Jakarta untuk ikut turun tangan dengan hadir bersama dalam kerja bakti.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktunya Berempati

Dalam instruksinya, Anies mengatakan, seluruh jalan-jalan di kampung di komplek masih banyak yang kotor oleh lumpur, rumah dan perabotan belum semua dibersihkan, puing-puing sisa banjir masih ada yang tersisa. "Inilah kesempatan bagi kita untuk berempati dan turun tangan langsung membantu sesama warga kota, meringankan beban dan mengikateratkan kebersamaan kita,” katanya.

Anies menyampaikan kondisi terkini di Jakarta dengan kondisi banjir yang sudah surut. Warga juga sudah beraktifitas kembali. Anies menyebut ada 390 RW dari total 2.742 RW di Ibu Kota yang mengalami banjir. Sebanyak 330 RW dipastikan Anies sudah terbebas dari genangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.