Sukses

Jokowi Resmikan TPA Manggar: Ini yang Terbaik di Indonesia

Pembangunan TPA Manggar menelan biaya Rp 160 miliar.

Liputan6.com, Balikpapan - Presiden Jokowi meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Manggar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Rabu (18/12/2019). TPA sampah Manggar itu diproyeksikan dapat memproduksi sekitar 360 ribu kiloton gas metana.

Dia menyebut, proses pengolahan sampah di TPA Manggar ini adalah yang paling baik di Indonesia. Bahkan, ia menyebut TPA Manggar tidak berbau.

"Menurut yang saya lihat, di kota-kota lain saya kira ini adalah pemprosesan akhir sampah yang paling baik di Indonesia, hijau, tidak bau," kata Jokowi saat meresmikan TPA Manggar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12/2019).

Dia juga mengatakan, pembangunan TPA tersebut tidak memakan biaya yang banyak. Jumlanya kurang lebih Rp 160 miliar.

"Saya lihat juga tidak memakan biaya yang begitu banyak, ini berapa pak? 160 miliar," ungkap Jokowi.

TPA Manggar diklaim merupakan tempat pengolahan sampah yang modern karena dilengkapi dengan teknologi sanitary landfill.

Teknologi tersebut mampu menghancurkan sampah dengan baik, serta mengubah air lindi untuk dijadikan gas metana, dan bisa dimanfaatkan warga sekitar TPA untuk memasak.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.