Sukses

Jokowi Resmikan Jalan Tol di Ibu Kota Baru

Meski di tengah hujan gerimis, Jokowi tetap meresmikan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019). Adapun jalan tol yang memiliki panjang 99,3 kilometer ini menjadi bagian dari akses menuju ibu kota baru.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di lokasi pada pukul 13.58 Wita. Dia didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Meski di tengah hujan gerimis, Jokowi tetap meresmikan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan ini. Peresmian sendiri ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Jokowi.

"Alhamdulillah pembangunan seksi II, III, IV jalan Tol Balikpapan-Samarinda sudah selesai dan bisa dimanfaatkan, sepanjang 58,7 kilometer dari total 99,3 kilometer," kata Jokowi di Gerbang Tol Samboja Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).

Jokowi menyebut ada dua seksi lagi yang saat ini masih dikerjakan dan diharapkan dapat rampung paling lambat April 2020. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap jalan tol ini dapat mempercepat akses menuju ibu kota negara.

"Tinggal menyambungkan ke kawasan ibu kota. Saya minta 2020 sudah tersambung jalan tol ini ke ibu kota," kata dia.

Menurut dia, ada beberapa keuntungan dibangunnya jalan Tol Balikpapan-Samarindah ini. Sebab, jalan tol tersebut tersambung dengan Bandar Udara Sepinggan dan Bandar Udara Aji Pranoto.

"Saya tadi menanyakan kepada Dirut jasa marga akan diselesaikan nanti insyallah paling lambat April 2020," tutur Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan Tol Pertama

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 99,35 km. Jalan tol ini terdiri atas 5 seksi, yaitu Seksi I ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,025 km). Lalu, Seksi II ruas Samboja-Muara Jawa (30,975 km), Seksi III ruas Muara Jawa-Palaran (17,300 km), Seksi IV Palaran-Samarinda (17,550 km), dan Seksi V Balikpapan (Km 13)-Sepinggan (11,500 km).

Pembangunan Seksi I dan V dengan total panjang 33,115 Km melalui pendanaan oleh pemerintah. Namun untuk pelaksanaan pembangunannya diserahkan kepada PT JBS. Sementara Pembangunan Seksi II, III, dan IV sepanjang 66,235 km dibiayai sekaligus dilaksanakan oleh PT JBS.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan yang akan menjadi cikal bakal pembangunan infrastruktur lainnya guna mengembangkan suatu kawasan ekonomi terpadu.

Nantinya, jalan tol ini juga akan terhubung langsung dengan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, 11 km dari Balikpapan.

Diharapkan, rampungnya pengerjaan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dapat menjadi sarana dasar pengembangan ibu kota negara baru, serta turut mendukung percepatan distribusi barang dan jasa antara dua kota tersebut guna memangkas waktu perjalanan non jalan tol yang sebelumnya mencapai 3-4 jam menjadi hanya 1 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.