Sukses

Kader Hanura Diminta Dukung Langkah Wiranto Selamatkan Partai

Sebelumnya beredar surat yang ditandatangani oleh Dewan Penasehat dan Dewan Kehormatan yang meminta OSO mundur dari Ketum Partai Hanura.

Liputan6.com, Jakarta -L Ketua Bidang Keanggotaan DPP Partai Hanura, Tien Aspasia meminta, kader partai mendukung langkah Ketua Dewan Pembina Wiranto untuk menyelamatkan partai.

"Karena ini (langkah Wiranto) adalah semata upaya penyelamatan Partai Hanura, dan untuk membangun partai yang kuat lagi ke depan," kata Tiens seperti dilansir dari Antara, Minggu 15 Desember 2019.

Sebelumnya beredar surat yang ditandatangani oleh Dewan Penasehat Subagyo HS dan Dewan Kehormatan Chairuddin Ismail yang meminta Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Oedang untuk mundur.

Tiens mengatakan, surat Subagyo dan Chairuddin itu disetujui oleh Ketua Dewan Pembina Wiranto dalam surat tertanggal 9 Desember 2019.

Alasan Subagyo dan Chairuddin, Oesman Sapta tidak memenuhi pakta integritas yang ditandatanganinya, terutama Partai Hanura gagal di Pemilu 2019 karena tidak lolos parliamentary threshold sehingga tidak ada kursi di DPR.

Tiens mengatakan, surat tersebut merupakan upaya untuk menyelamatkan partai. Tiens juga menyayangkan pernyataan salah satu Ketua DPP Hanura, Inas Nasrullah yang justru menyoroti posisi Wiranto sebagai Ketua dan anggota Wantimpres yang baru dilantik.

Tiens mengatakan, Wiranto tentu tidak akan menanggapi komentar tersebut. "Beliau lebih tahu apa yang akan dilakukan. Tidak perlu repot-repot Pak Inas komentar," ucap Tiens.

Tiens mengatakan, dalam UU nomor 19 tahun 2006 masih ada waktu tiga bulan bagi Wiranto untuk memutuskan langkah selanjutnya.

"Dulu Pak Wiranto jadi menteri pun beliau secara konsisten dan elegan mundur jadi ketua umum Partai Hanura," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.