Sukses

Staf Khusus Milenial Jokowi Gunakan Gajinya untuk Program CiptaNyapta

Staf khusus milenial Jokowi ini menjelaskan, program CiptaNyata lahir dari pengalamannya saat merintis usaha aplikasi belajar, Ruangguru.

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Milenial Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Belva Devara meluncurkan program pengembangan kapasitas generasi muda dan kompetisi online bernama CiptaNyata. Program tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki minat kewirausahaan dan/atau sedang menjalankan UMKM.

Nantinya, dua peserta yang terpilih setiap bulannya dalam program CiptaNyata akan mendapatkan bantuan pendanaan masing-masing sebesar Rp 20 juta. Dana tersebut berasal dari seluruh gaji yang Belva terima sebagai Stafsus Jokowi setelah pajak.

"Saya menyadari bahwa kapasitas saya sebagai Staf Khusus Presiden kini mengizinkan saya untuk menyapa lebih banyak lagi masyarakat Indonesia," kata Belva dalam keterangan persnya, Selasa (10/12/2019).

Belva mengaku ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyebarkan semangat inovasi dan kewirausahaan seluas-luasnya, khususnya pada generasi muda. Dia menjelaskan program CiptaNyata lahir dari pengalamannya saat merintis usaha aplikasi belajar, Ruangguru.

"Saya mengalami sendiri sulitnya mendirikan usaha, dari Ruangguru dulu hanya memiliki satu orang karyawan, hingga kini 4.000 orang," ucap dia.

Kala merintis Ruangguru, dia menyadari akan sulitnya mendapatkan modal dan kurang tersedianya bimbingan mentor yang cakap dalam merintis usaha. Belva pun berharap program CiptaNyata dapat menjadi awal perjalanan usaha jangka panjang dan berkelanjutan bagi sang pemenang.

"Dan menjadi katalisator bagi pengusaha pemula Indonesia lainnya, sehingga mereka bisa bergerak maju lebih cepat," tutur Belva.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program 6 Bulan

Pada tahap awal, program ini akan berjalan selama enam bulan. Pendaftaran program CiptaNyata fase pertama akan dibuka di bulan Desember 2019 dengan tema bulan Desember, yaitu fesyen dan busana.

Peserta dapat mengunggah proposal usaha serta video untuk menjelaskan bidang usaha tersebut secara rinci dan terstruktur melalui situs http://www.ciptanyata.com.

Tahap selanjutnya adalah proses seleksi dan penilaian di mana dokumen peserta yang masuk akan dinilai oleh Dewan Juri. Terakhir, Dewan Juri akan memilih dua pemenang untuk setiap kategori setiap bulannya. Dua pemenang akan mendapatkan masing-masing dana sebesar Rp 20 juta.

Pemenang juga akan mendapatkan pengarahan langsung dari mentor. Dana akan diberikan dalam 2 tahap dalam 2 bulan. Tahap pemberian dana pertama akan dilakukan setelah pemenang diumumkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.