Sukses

AHY Buka Pendidikan Tahap Akhir Akademi Demokrat Angkatan Pertama

Usai membuka Pendidikan Tahap Akhir Akademi Demokrat, AHY langsung memberikan materi pendidikan bertema kepemimpinan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau kerap dikenal sebagai AHY secara resmi membuka pendidikan tahap akhir Akademi Demokrat Angkatan Pertama di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Menurut AHY, acara itu merupakan salah satu sarana pendidikan politik bagi kader muda Partai Demokrat.

"Saya menyebutnya, AKABRI-nya Partai Demokrat. Mereka ditempa dan dididik dengan tripola dasar yaitu akademik, jasmani, dan mental-kepribadian," kata AHY dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/12/2019).

AHY mengatakan, sebelumnya para Taruna, panggilan untuk mereka yang mengikuti pendidikan ini, sudah menjalani pendidikan Tahap Pratama (tahap pertama) yang dimulai pada September 2018 selama 2 minggu. Serta selama lima bulan melakukan pendidikan Tahap Madya (pendidikan lapangan) di dapil masing-masing.

Dari 5 Desember 2019 hingga satu minggu ke depan, para Taruna yang lolos pendidikan Tahap Pratama dan Tahap Madya, akan dilatih, dididik, dan dibekali dengan berbagai materi yang berguna dalam menjalankan tugas mendampingi para Anggota Legislatif melaksanakan tugas sehari-hari.

Kepada para Taruna, AHY meminta, untuk mengikuti rangkaian pendidikan akhir ini dengan sungguh-sungguh.

"Buktikan bahwa memang Taruna Akademi Demokrat adalah manusia-manusia pilihan," seru AHY.

"Bangga tidak kalian mengenakan seragam ini?" tanya AHY.

"Kalau kalian senang dan bangga, saya berharap bisa menjaga kehormatan diri, terutama saat menggunakan seragam ini. Seragam ini bukan pembagian cuma-cuma. Ini bisa kalian gunakan karena kalian memang berhak menggunakannya," tambah AHY.

Bagi AHY, mereka harus memiliki karakter patriot dan pejuang. Karena karakter itu dibutuhkan oleh Indonesia dan Partai Demokrat itu sendiri.

Usai membuka secara resmi acara itu, AHY langsung memberikan materi pendidikan bertema kepemimpinan. Selain juga mereka akan menerima pembekalan materi oleh para pakar di bidangnya selama satu minggu kedepan, seperti Dino Patti Djalal, Andi Mallaranggeng, hingga Ketua Fraksi DPR RI Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono.

"Materi pendidikan yang diberikan pun mencakup beragam bidang seperti hukum, komunikasi politik, ekonomi, sistem birokrasi dan pemerintahan," ujarnya.

Menurut AHY, pembekalan tersebut nantinya akan berguna dalam menjalankan tugas mereka mendampingi para Anggota Legislatif melaksanakan tugas, baik sebagai staf ahli, staf administrasi, maupun staf perbantuan di dapil masing-masing.

Sebelumnya ada 278 Taruna yang mengikuti tahap pertama dan kedua. Namun dari jumlah tersebut hanya 45 Taruna yang lolos mengikuti Tahap Utama.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.