Sukses

Staf Khusus Milenial Akan Ikut Susun Pidato Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, staf khusus presiden dari kalangan milenial akan dilibatkan dalam penyusunan pidato Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Pelibatan tujuh staf khusus milenial ini diharapkan mampu membuat pidato Presiden Jokowi lebih segar.

"Sambutan-sambutan presiden mereka juga memberikan masukan. Biar agak segar," kata Pratikno di Istana Merdeka Jakarta, Senin (2/12/2019).

Selain itu, para staf khusus milenial juga diberikan tugas pokok antara lain, menangani kartu prakerja hingga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pratikno menyebut Jokowi meminta staf khusus milenial membuat inovasi-inovasi di bidang tersebut.

"Mereka kan selalu rapat untuk inovasi-inovasi kartu prakerja, setahu saya ya. Terus inovasi apalagi tuh, UMKM juga, memberikan rekomendasi," ujarnya.

Sementara itu, Jokowi berharap tujuh staf khusus milenial dapat memberikan masukan yang inovatif untuk kebijakan pemerintahan lima tahun ke depan. Dia meyakini para staf khusus memiliki pemikiran yang out of the box, sebab mereka adalah orang-orang hebat.

"Nanti akan muncul inovasi-inovasi yang sangat bagus dari stafsus-stafsus saya, karena mereka bukan orang biasa," ucap Jokowi.

 

2 dari 3 halaman

3 Tugas Khusus

Jokowi mengaku memberi tiga tugas khusus kepada staf khusus milenial, salah satunya yaitu kartu pra-kerja. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin para staf khusus memberikan konsep yang inovatif sehingga nantinya kartu prakerja mudah dikontrol.

"Contoh, kartu prakerja, sudah saya sampaikan kepada mereka. Coba, kartu prakerja nanti dikonsep, dilaksanakan seperti apa, agar gampang dikontrol," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi meminta tujuh staf khusus milenial untuk membuat konsep pembaharuan terkait produk-produk yang dihasilkan nasabah mekaar. Sehingga, produk yang dibuat para nasabah bisa baik dari segi kualitas dan kuantitas.

"Berkaitan dengan nasabah mekaar, yang produknya macam-macam sekali, gimana itu bisa kemaasannya diperbaiki, merek diperbaiki. Kemudian dibuatkan marketplace yang baik," tutur dia.

Mantan Wali Kota Solo itu juga mengharapkan masukan-masukan yang inovatif terkait masalah pendidikan. Dia menekankan pentingnya inovasi teknologi untuk menjangkau ratusan ribuan sekolah dan jutaan murid hingga di pelosok tanah air.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
KPK Minta Jokowi Segera Umumkan Hasil Investigasi Penyerang Novel Baswedan
Artikel Selanjutnya
Pesan Saut ke Jokowi: Main dan Ngobrol Sama Penyidik KPK Pak...