Sukses

Sikap Agnez Mo Tanggapi Kritikan soal Darah Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal Agnez Mo. Mantan penyanyi cilik yang tengah go internasional itu kini tengah jadi sorotan terkait sesi wawancaranya belum lama ini dengan Build Series di Amerika Serikat, viral di media sosial.

Pernyataan pelantun Coke Bottle ini justru menjadi kontroversi saat ada orang yang menyalahartikan ucapannya dengan menyebut dirinya tidak memiliki darah Indonesia.

Tak sedikit pula sejumlah tokoh negeri ini yang angkat bicara. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon bahkan menyebut Agnez anak durhaka karena dinilai lupa Ibu Pertiwi.

"Biasanya kayak begitu itu Malin Kundang. Pasti durhaka itu," kata Fadli di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Berawal saat Kevan Kenney yang menjadi host membahas wawancara yang dijalani oleh Agnez Mo sebelumnya. Dia mengatakan interview tersebut membuka matanya, bahwa Indonesia adalah tempat yang memiliki keragaman yang tinggi.

"Ini menjadi bagian dari diriku. Ini bukan hanya sebuah representasi budaya, tapi juga budaya yang sifatnya inklusif," jawab Agnez Mo, seperti disaksikan dalam video utuh wawancara yang diunggah di akun Build Series, Jumat, 22 November 2019 lalu.

Namun, bagi mereka yang tidak menyaksikan video tersebut secara utuh, banyak yang memilintirkannya dengan mengatakan bahwa dirinnya tak punya darah Indonesia.

"Memang kalau nonton sepotong-potong bisa salah paham," kata Agnez seperti dikutip dari instastoriesnya.

Lantas, seperti apa sikap Agnez menanggapi kontroversi dirinya?

2 dari 5 halaman

Memaafkan

Meski kecewa ada sebagian orang yang memelitir ucapannya, Agnez memilih untuk tidak memperpanjang masalah ini. Perempuan kelahiran Jakarta, 1 Juli 1986 itu dengan berbesar hati memaafkan mereka yang menghakiminya.

Tak hanya itu, Agnez Mo juga membalas anggapan orang yang meragukan nasionalismenya.

"Aku tidak bisa memilih darah atau DNA-ku, tapi aku akan selalu MEMBELA negaraku, AKU SELALU MELAKUKANNYA, dan TAK ADA ORANG yang bisa merampas ini dariku," kata Agnez Mo.

Dia pun menyayangkan orang-orang menyalahartikan ucapannya yang telah dipotong sedemikian rupa. 

"Belajarlah melihat sesuatu secara keseluruhan ketimbangan mengambil kesimpulan di luar konteks," kata dia.

3 dari 5 halaman

Menanggapi Santai

Lewat cuplikan di akun Instagramnya, artis kelahiran Jakarta ini mengaku jika semua yang dikatakannya adalah hal-hal baik, bahkan ketika dirinya seorang minoritas.

Agnez Monica juga berbagi keragaman menakjubkan yang dipelajari di Indonesia kepada Kevan Kenney.

"I have always shared that in ALL my interviews (national and international)," lanjut wanita yang dulu pernah dikabarkan dekat dengan Rezky Aditya tersebut.

Dia mengatakan bila dirinya akan selalu membagikan hal positif mengenai Indonesia, termasuk budaya dan lainnya dalam semua wawancaranya. Baik itu pada media nasional ataupun internasional.

"Hatiku bungah. Apa pun yang kalian ucapkan, #Indonesia terwakili. #AGNEZMO Love & Forgive," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Tak Dendam

"Untuk orang yang mendukungku, aku mencintai kalian. Untuk orang yang salah paham denganku, aku mencintai dan memaafkanmu. Percayalah, aku tidak punya kemarahan atau dendam kepada kalian," tutur Agnez Mo.

Lewat kontroversi ini, dia pun sadar, bahwa ada sekelompok orang yang memang tengah mencari panggung dan ketenaran sesaat. 

"Untuk para clout chasers, aku mendoakan kalian agar bisa menemukan kedamaian dalam hatimu," tuturnya. Ia juga menambahkan tagar yang menyebutkan bahwa alkitab yang mengajarkan tindakannya ini. 

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: