60 Siswa SMP di Depok Terjangkit Virus Hepatitis A

60 Siswa SMP di Depok Terjangkit Virus Hepatitis A

Dalam seminggu terakhir setidaknya 60 siswa SMP Negeri 20 Depok, Jawa Barat, terjangkit virus Hepatitis A dalam waktu hampir bersamaan.

Kini, masih ada 40 siswa yang masih dalam perawatan. Selain itu, ada tiga guru yang terjangkit penyakit serupa.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (21/11/2019), pihak sekolah segera menghubungi puskesmas terdekat dan Dinas Kesehatan Kota Depok. Selain memberikan penyuluhan kepada para siswa dan guru, Dinkes juga melakukan pemeriksaan di lingkungan sekolah.

Penularan virus Hepatitis A bisa terjadi melalui berbagai cara. Bisa karena penderita Hepatitis A tidak mencuci tangannya dengan bersih setelah menggunakan toilet, lalu menyentuh benda atau makanan.

Seseorang bakal tertular begitu mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi virus Hepatitis A. Penting juga diingat, hindari kontak dengan penderita Hepatitis A, termasuk dengan barang-barang yang digunakannya.

Atas kejadian ini, menteri kesehatan pun sudah mengerahkan timnya untuk mencegah penyebaran meluas.

Hingga kini, tercatat 72 kasus Hepatitis A ditemukan di Depok. Tidak hanya di SMP Negeri 20, tapi juga di sekitar kawasan tersebut. Meski demikian, Kemenkes tidak mengeluarkan status kejadian luar biasa karena bisa langsung ditangani.

Ringkasan

Oleh Rio Audhitama Sihombing pada 21 November 2019, 14:36 WIB

Video Terkait

Spotlights