Sukses

Pascabom Bunuh Diri Medan, DPR Minta Polri Utamakan Pencegahan Terorisme

Komisi III DPR mengapresiasi gerak cepat kepolisian menangkap 74 terduga teroris untuk menjamin keamanan masyarakat pascabom bunuh diri Medan.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi III DPR Cucun Ahmad Syamsurijal mengapresiasi gerak cepat dan tegas Polri dalam menangkap para terduga teroris pascabom bunuh diri di Mapolrestabes Medan. Langkah tersebut menjamin stabilitas keamanan dalam negeri jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Terima kasih Kapolri, atas nama rakyat kami apresiasi respons dan kinerja kepolisian yang sigap melakukan penangkapan tersangka teroris di medan,” ujar Cucun saat Rapat Kerja Perdana Komisi III dengan Kapolri Jenderal Idham Azis, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Ketua Fraksi PKB DPR ini mengatakan, sedikitnya 74 orang terduga teroris di berbagai wilayah berhasil ditangkap. Puluhan orang tersebut diduga menjadi bagian dari jejaring kelompok terorisme yang melakukan aksi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan.

“Tindakan tersebut merupakan upaya preventif sehingga mencegah aksi serupa di kemudian hari. Hal itu kita berikan apresiasi luar biasa,” katanya.

Pria yang akrab disapa Kang Cucun ini menegaskan, Polri perlu melakukan langkah tegas agar stabilitas keamanan tetap terjamin. Dirinya yakin bahwa langkah-langkah tegas tersebut mendapatkan dukungan mayoritas rakyat Indonesia.

“Stabilitas keamanan harus tetap dijaga dan ini adalah kerja ekstra aparat kepolisian, kami tentu menaruh kepercayaan kepolisian untuk terus menjalankan tugas dan fungsinya menjaga stabilitas keamanan negara serta melindungi rakyatnya,” ucapnya.

Ke depan politikus PKB itu berharap agar institusi kepolisian mengedepankan pencegahan terhadap aksi terorisme dan radikalisme. Apalagi UU Terorisme yang baru sangat mendukung upaya tersebut.

“Prioritas kerja kepolisian khusus pada persoalan radikalisme dan teroris adalah pada upaya pencegahan. Jangan sudah terjadi baru ada aksi,” ucap Kang Cucun.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polri Diminta Upgrade Diri

Sebagai mitra kerja di Komisi III DPR, Kang Cucun utarakan akan mensuport ikhtiar institusi kepolisian dalam menjalankan visi dan misinya ke depan. Kendati demikian sebagai wakil rakyat, pihaknya tidak segan untuk memberikan masukan dan evaluasi.

“Kita kan mitra komisi, tugas kami di Komisi III tentu saja akan mensuport kinerja sekaligus mengevaluasi kinerja kepolisian nantinya. Polri juga harus upgrade diri menjadi polisi masa depan, bukan sekedar polisi di depan massa, ” katanya.

Terkait masih rendahnya kepercayaan publik terhadap kinerja Polri, Kang Cucun mengatakan hal itu sebagai suatu tantangan. Menurutnya kondisi tersebut hanya bisa dijawab dengan kinerja yang transparan dan memberikan keadilan publik.

“Ini ujian sekaligus juga bahan evaluasi terhadap institusi polri untuk bekerja lebih maksimal membangun kepercayaan publik dengan kerja nyata,” kata mantan Ketua DKN Garda Bangsa itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.